Jumat, 10 Jul 2020 10:53 WIB

Harley-Davidson Rumahkan 500 Karyawan, Gelombang Kedua PHK dalam Sebulan

Rizki Pratama - detikOto
Kegaharan Harley Dimulai dari Sini Pabrik Harley-Davidson. Foto: (Screenchot Harley Davidson)
Jakarta -

Harley-Davidson pada hari Kamis (9/7/2020) mengatakan akan memberhentikan 500 karyawan tahun ini. Langkah ini diambil atas keputusan bos baru Harley-Davidson, Jochen Zeitz yang ingin mengangkat pabrikan motor asal Amerika Serikat itu keluar dari masalahnya.

Selain itu, Cief Financial Officer Harley-Davdison, John Olin juga akan dicopot dari jabatannya. Semenetara itu posisi CFO akan ditempati bendahara Harley-Davidson, Darrell Thomas.

Dalam 5 tahun terakhir penjualan Harley-Davidson terus menurun. Beban yang dipikul Harley-Davidson semakin berat ketika pandemi virus Corona menjadi awan gelap di negeri paman Sam dan berbagai belahan dunia lainnya.'

Menanggapi penjualan yang lemah, perusahaan yang berbasis di Milwaukee itu telah memangkas bagian produksi. Pengencangan ikat pinggang di bagian produksi itu berujung pada pemutusan hubungan kerja 140 karyawannya di pabrik Pennsylvania dan Wisconsin bulan lalu.

Zeitz yang mengambil alih Harley-Davidson pada bulan Februari dikenal atas strateginya menyelamatkan merek Puma dari kebangkrutan. Strategi restrukturisasinya bertujuan menjadikan Harley organisasi yang lebih ramping dan lebih gesit. Langkah ini akan menyebabkan adanya perubahan jajaran produk, fokus pada kekuatan inti perusahaan dan memprioritaskan pasar yang menguntungkan.

"Perubahan signifikan diperlukan, dan kita harus bergerak ke arah baru," kata Zeitz.

Harley-Davidson mengatakan langkah ini akan menjadi dasar bagi rencana strategis lima tahun untuk menghidupkan kembali penjualan. Secara keseluruhan, restrukturisasi akan menghilangkan 700 posisi secara global. Upaya restrukturisasi memakan biaya yang tak sedikit. Setidaknya Harley-Davidson mengeluarkan uang sebesar USD 50 juta

Proses perombakan ini dikatakan akan selesai di akhir tahun. Namun, masih ada kemungkinan ada biaya restrukturisasi tambahan pada tahun 2021.



Simak Video "Nike dan Harley-Davidson Limbung Akibat Pandemi Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com