Senin, 06 Jul 2020 11:22 WIB

Bus Physical Distancing Buatan Jawa Tengah Punya Formasi Tempat Duduk 1-1-1

M Luthfi Andika - detikOto
Physical Distancing di dalam bus Bus Physical Distancing Foto: Dok. Karoseri Laksana
Jakarta -

Pandemi virus Corona belum berakhir para PO Bus tidak kehilangan akal agar bisa bertahan dan tetap beroperasi. Tidak tanggung-tanggung desain bus baru dengan formasi duduk yang menjaga jarak dilahirkan.

Seperti bentuk kerjasama yang dilakukan PO Bus Sumber Alam dengan pabrik karoseri Laksana, yang melahirkan bus anti Corona atau bus Physical Distancing.

"Iya, unit kami yg dijadikan prototype. Awalnya ya kepikiran mengenai kapasitas 50 persen yang bakal mematikan bisnis transport. Jadi saya mengusulkan konfigurasi seat 1-1-1 itu (bus Physical Distancing)," ucap Owner PO Bus Sumber Alam, Anthony Steven saat dihubungi detikOto, Senin (6/7/2020).

"Lalu Laksana juga riset mengenai filtrasi udara dan disinfeksi unit. Maka ditambahkan HEPA filter dan sinar UV. Pokoke keren lah. Tapi ya nanti nunggu rilis dari mereka (Laksana) saja. Karena masih di-finishing lagi kayaknya," Anthony menambahkan.

Physical Distancing di dalam busPhysical Distancing di dalam bus Foto: Dok. Karoseri Laksana

Rasa antusias untuk bisa segera memperkenalkan bus Physical Distancing ke masyaraat juga disampaikan juju bicara karoseri Laksana, Communication Manager CV Laksana, Candra Dewi.

"Silahkan datang ke pabrik mas, nanti mas bisa melihat dengan jelas akan bus ini sebelum diantar ke pemilik (Sumber Alam). Ini sudah siap (untuk bisa jalan dan mengangkut penumpang)," kata Candra Dewi.

Seperti pemberitaan detikOto sebelumnya,Karoseri Laksana bekerjasama dengan PO Bus Sumber Alam melahirkan inovasi baru dalam melahirkan bus yang aman selama masa pandemi virus Corona. Karoseri Laksana membuat bus dengan konfigurasi tempat duduk yang tetap menjaga jarak. Mengedepankan physycal distancing, penumpang bus akan tetap saling menjaga jarak.

"Naik Bus Dimasa Pandemi ini, kenapa tidak? #JanganKawatirSahabatLaksana, kami menghadirkan inovasi dan solusi desain Bus dimasa Pandemi ini. Kami perkenalkan Legacy SR2," tulis akun instagram Laksana Bus.

Bus ini dibuat oleh perusahaan karoseri asal Ungaran, Jawa Tengah, CV Laksana.

Sambutan hangat disampaikan para netizen, yang menyambut inovasi baru agar mengurangi penyebaran virus Corona.

"Mantap min innovasiny.. krna pandemi corona ga tau kapan pastinya akan berakhir.." tulis akun laurensius_widi.

Hal senada juga disampaikan akun leim_cengengesan. "Nah ini baru improvement 👍👍👍 terbaik," tulisnya.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Nihil Orderan, Pengusaha Bus Pariwisata Ancam Gelar Konvoi"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com