Rabu, 01 Jul 2020 15:55 WIB

Posting Siluet SUV, Xiaomi Ternyata Cuma Rilis Mobil-mobilan Jimny

Ridwan Arifin - detikOto
Teaser mobil Xiaomi Teaser SUV Xiaomi ternyata mainan remote control (Gaadiwaadi)
Jakarta -

Xiaomi sempat menyebar siluet mobil SUV di akun Weibo resminya. Dalam poster itu juga disertakan kalimat berbunyi 'Buat mobil? Kami serius!'.

Gambar siluet itu mirip dengan penampakan SUV kotak Jimny atau Mercedes-Benz G-Class. Tapi selang dalam hitungan jam unggahan tersebut dihapus oleh pihak Xiaomi.

Mengutip scmp, Rabu (7/1/2020) Manajer Humas Xiaomi Xu Jieyun mengklarifikasi seseorang di Weibo telah membuat kesalahan. Dia mengatakan perusahaan tidak memiliki rencana membuat mobil dalam waktu dekat.

Suzuki Jimny XiaomiSuzuki Jimny Xiaomi Foto: Paultan

Selang menghapus postingan Weibo, ternyata Xiaomi merilis Suzuki Jimny dalam skala 1:16. Mobil remot kontrol yang bisa dikendalikan dari jarak jauh. Replika ini akan dijual seharga 199 Yuan (sekitar Rp 405 ribu) untuk pasar China.

Mobil RC Jimny ini dapat dikontrol melalui smartphone dengan aplikasi terinstal dan mengandalkan bluetooth. Tampilannya dibuat semirip mungkin dengan Suzuki Jimny generasi empat.

Oke, bila melihat ladder frame chassis replika Suzuki Jimny ini terbuat dari nilon, yang dikaitkan dengan suspensi peredam kejut dan pegas koil. Bahkan, torsi dari motor bisa mengerakkan semua roda (4x4) yang dibungkus dengan ban off-road.

Uniknya, RC Jimny besutan Xiaomi terbuat dari 200 komponen terpisah sehingga pemiliknya bisa mengganti komponen ketika hendak digunakan.

Suzuki Jimny XiaomiSuzuki Jimny Xiaomi Foto: Paultan

Siluet SUV Xiaomi memang sempat menghebohkan, meski sejauh ini Xiaomi belum mengungkapkan rencana untuk terjun ke pasar mobil. Namun bukan hal mustahil bagi Xiaomi untuk membuat kendaraan bermotor melalui skema kerja sama dengan produsen mobil Cina.

Terjun ke dunia otomotif sebenarnya bukan hal yang benar-benar baru untuk Xiaomi. Tahun lalu mereka merilis Redmi Car. Ini bukan mobil yang benar-benar dibuat Xiaomi sebenarnya, melainkan versi lain dari SUV China bernama Bestune T77.

Xiaomi memang berkolaborasi dengan Bestune untuk menghadirkan mobil ini. Redmi Car menjadi mobil pertama Xiaomi. Xiaomi Redmi Car merupakan versi kustomisasi dari Bestune T77.



Simak Video "China-India Alami Konflik, Bos Xiaomi: Tak Berdampak ke Bisnis Kami"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com