Minggu, 28 Jun 2020 18:40 WIB

Jangan Nanggung, Buka Usaha Bengkel Motor Pastikan Pakai Suku Cadang Asli

Rizki Pratama - detikOto
Bisnis bengkel umum Bisnis bengkel umum. Foto: Rizki Pratama
Jakarta -

Banyak yang masih meragukan bengkel umum lantaran tidak mengusung bendera APM secara resmi. Mulai dari kemampuan hingga peralatannya dianggap tidak memenuhi kelayakan.

Nyatanya itu hanyalah sebuah anggapan yang tak dapat dijadikan fakta valid. Memang ada bengkel umum yang 'curang' tapi ada juga lho bengkel umum yang memiliki kualitas pekerjaan seperti bengkel resmi.

Salah satunya adalah seorang pemilik bengkel umum motor Galih Jaya Motor yang tempatnya tergolong kecil dan tak terpapar perhatian di pinggir jalan utama. Pemilik sekaligus montir bengkel ini merupakan mekanik handal bersertifikat bengkel resmi dari Honda.

Untuk kemampuannya dalam mengoprek dan merawat motor tentu tak perlu diragukan lagi. Lalu bagaimana dengan onderdil atau suku cadang yang ia gunakan?

Mendapatkan suku cadang asli tidaklah sulit. Ada banyak toko grosir yang menjual onderdil orisinil dari berbagai merek.

"Saya langsung ke grosir di kota. Di sana ada toko khusus Honda, Yamaha, Suzuki, campur aduk, ada variasi. Biasanya belanja di Century," terang Iwan kepada detikcom saat ditemui di bengkelnya, Jumat (26/6/2020).

Dari sana Iwan yakin pelayanan bengkel umum dalam merawat motor tak kalah baik dengan bengkel resmi. Bedanya mungkin hanya pada pelayanan kenyamanan bengkel seperti tempat yang lebih luas dan lain-lain.

"Dari tempat servisnya aja ruang tunggu sama dapat soft drink. Tapi dari pengerjaan nggak kalah bengkel umum," kata Iwan.

Iwan telah menggeluti bisnisnya ini secara mandiri sejak tahun 2014. Ia menghabiskan waktu selama 9 tahun sebagai montir kepercayaan bengkel resmi motor Honda hingga akhirnya memutuskan untuk membangun usaha bengkelnya sendiri.



Simak Video "Kembali Bekerja dan Tetap Sehat di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com