Jumat, 26 Jun 2020 17:35 WIB

Terakhir Liverpool Juara: Harga BBM Premium RP 450, Astrea Prima Jadi Idola

Doni Wahyudi - detikOto
Warga membeli bbm subsidi jenis premium di SPBU Pertamina, Otista, Jakarta Timur, Jumat (15/11/2019). Pertamina berharap penyaluran BBM Bersubsidi tepat sasaran. Sebab yang terjadi di lapangan hingga kini BBM Bersubsidi masih banyak dikonsumsi oleh masyarakat yang secara ekonomi tergolong mampu. Harga BBM Premium saat Liverpool terakhir jadi juara masih Rp 450 (Agung Pambudhy/detikOto)
Jakarta -

Berakhir sudah 30 tahun penantian Liverpool untuk kembali jadi juara Liga Inggris. Jauh ke belakang, kali terakhir The Reds meraja, harga BBM Premium masih Rp 450 perak.

Dinihari tadi, Liverpool tanpa bertanding menjuarai Liga Inggris 2019/2020. The Reds mengunci titel setelah pesaing terdekat mereka, Manchester City, tumbang dalam big match kontra Chelsea.

Setelah menanti 30 tahun, Liverpool akhirnya bisa menggelar lagi pesta juara. Penantian panjang tersebut berakhir dengan manis.

Banyak hal terjadi sejak Liverpool kali terakhir jadi raja di Inggris. Kalau mau dikait-kaitkan dengan dunia otomotif di dalam negeri, ada beberapa hal yang (mungkin) menarik.

Liverpool Terakhir Juara Tahun 1990, Harga BBM Premium Masih Rp 450

Melongok jauh ke belakang ke tahun 1990, harga BBM Premium yang dijual Pertamina masih Rp 450 perak. Dibanding harganya sekarang yang berada di angka Rp 6.450, sudah terjadi kenaikan mendekati 1.500%

Menurut catatan detikOto, dalam kurun 30 tahun terakhir harga premium sebenarnya tidak melulu menanjak naik. Pada periode 2008 ke 2009 harga premium sempat diturunkan dari Rp 5.500 menjadi Rp 4.500 per liter. Harganya kembali menurun di tahun 2015 dan 2016 dari sebelumnya dari 7.600 ke Rp 6.800.

Astrea Prima Adalah Idola

Bicara kendaraan roda dua, keluarga Astrea dari Honda mendominasi jalanan di Indonesia pada era 1990-an. Saat Liverpool jadi juara di tahun 1990, Honda punya gacoan bernama Astrea Prima.



Astrea Prima sebenarnya pertama masuk Indonesia tahun 1988. Ada dua generasi Astrea Prima, yakni yang diekspor CBU dari Jepang dan yang dirakit di Indonesia.

Didesain khusus untuk pasar Asia Tenggara, Astrea Prima jadi idola di Indonesia. Motor ini punya keunggulan dalam hal kemampuan mesin yang sangat mumpuni. Selain itu Astrea Prma juga punya fitur menarik, salah satunya suspensi belakang yang bisa disetel tingkat keempukannya.

Astrea Prima juga dikenal sebagai bebek yang bisa ngebut, namun di sisi lain tetap irit bahan bakar dan punya mesin bandel.



Simak Video "Sah! Liverpool Resmi Juara Liga Inggris "
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com