Rabu, 17 Jun 2020 06:57 WIB

Menerka Cuan Jualan BBM Pertamini

M Luthfi Andika - detikOto
Pertamini Digital yang Makin Keren Pertamini menjanjikan keuntunag besar. Apa iya?(M luthfi Andika/detik.com)
Jakarta -

Gerai BBM Pertamini makin banyak ditemui di berbagai lokasi. Apa benar bisnis jualan BBM eceran yang sebenarnya ilegal itu menguntungkan?

Bisnis Pertamini menggiurkan karena menghaslkan cuan alias keuntungan yang tidak sedikit. Jika berada di lokasi strategis, pemilik gerai Pertamini bisa kebanjiran pembeli. Apalagi kini banyak ojek online beroperasi.

detikOto mencoba mendatangi salah satu gerai Pertamini untuk mengetahui bagaimana potensi keuntungan yang didapat. Namun operator digital petugas tersebut menolak mengungkap berapa cuan yang didapat dari usahanya ini.

Satu hal yang pasti dari bisnis pertamini adalah mereka mengambil untuk dari meningkatkan harga jual BBM. Contohnya gerai pertamini di salah satu wilayah Jakarta Timur yang membanderol BBM jenis Pertamax hingga Rp 11.000. padahal saat ini harga Pertamax per liter di SPBU Pertamina mencapai Rp 9.000, artinya selisih harga Pertamax yang dijual di Pertamini mencapai Rp 2.000.

Lalu kami coba mengkalkulasi berdasarkan spesifikasi mesin Pertamini digital. Jika dilihat dari brosur Pertamini Digital, mesin tersebut memiliki 2 pilihan mesin, satu mesin dengan satu Nozzle memiliki kapasitas hingga 210 liter dan satu mesin dengan memiliki 2 nozzle memiliki kapasitas 420 liter untuk dua bahan bakar.

Pertamini Digital yang Makin KerenPertamini Digital yang Makin Keren Foto: M luthfi Andika/detik.com

Jika dikalkulasi saat menggunakan mesin Pertamini digital 2 Nozzle yang memiliki kapasitas tangki 420 liter dan keduanya . Artinya para pengusaha Pertamini digital ini mendapatkan keuntungan sebesar Rp 840.000 jika berhasil menjual habis BBM dari satu nozzle. Itu baru dari satu jenis bahan bakar.

Meski masih dianggap ilegal, Pertamini terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Termasuk kini memiliki mesin bahan bakar digital, mirip mesin BBM sungguhan yang dipunya SPBU. Mesin BBM digital pertamini ini menggantikan sistem engkol yang selama ini banyak dipakai.

Dalam penulurusan detikOto CV CIpta Karya Industri yang memproduksi mesin Pertamini Digital mengatakan dengan menggunakan mesin digital, pengusaha Pertamini memiliki beberapa keuntungan dan kelebihan dibandingkan dengan menggunakan botol. Di antaranya meminimalisir penyusutan akibat terbuangnya BBM yang sudah dibeli ketika ditakar ulang ke dalam botol, selain itu dilihat dari segi keamanan menggunakan mesin Pertamini diklaim lebih aman.



Simak Video "Kembali Bekerja dan Tetap Sehat di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com