Gerai SIM Mal Gandaria City Dibuka Lagi: Pemohon Membludak, Jarak Antrean Terlalu Dekat

Rizki Pratama - detikOto
Senin, 15 Jun 2020 16:57 WIB
Layanan SIM di mal kembali buka
Foto: Rizki Pratama
Jakarta -

Hari ini, Senin (15/6/2020) 8 Gerasi SIM di Jakarta kembali beroperasi untuk memberikan pelayanan. Tentu saja aktivitas tidak kembali normal, melainkan menggunakan tatanan baru dan protokol kesehatan yang sama.

Tim detikcom melakukan pantauan langsung di salah satu Gerai SIM yang terletak di Gandaria City, Jakarta Selatan, hari ini. Terlihat para pemohon pengajuan perpanjangan SIM hampir memenuhi ruang tunggu.

Semua orang memang sudah menggunakan masker bahkan ada juga beberapa yang menggunakan pelindung wajah (faceshield). Namun, keterbatasan tempat membuat jarak antar orang di sana kurang dari 1 meter. Hal ini dikarenakan beberapa orang datang membawa anggota keluarga lainnya. Ada yang membawa anak atau paling tidak bersama pasangan atau teman.

Memang tak terlihat ada kontak fisik yang cukup berarti namun jarak fisik antar pemohon SIM relatif dekat. Beberapa kali juga terdengar petugas menghimbau para pemohon SIM untuk mematuhi protokol kesehatan untuk menjaga jarak ketika beberapa orang berebutan untuk menyerahkan formulir terlebih dahulu.

Layanan SIM di mal kembali bukaLayanan SIM di mal kembali buka Foto: Rizki Pratama

Untungnya pihak kepolisian sudah membatasi jumlah pemohon hingga 100-150 per hari. Angka itu dengan cepat terpenuhi dalam waktu kurang lebih setengah jam sejak Gerai SIM di Gandaria City buka pukul 12.00 WIB.

"Buka jam 12, hari ini kuotanya udah penuh. Sehari 150 orang," ujar petugas yang berjaga di batas masuk area pelayanan SIM.

Beberapa orang yang datang setelah kuota terpenuhi terpaksa tidak diizinkan memasuki area yang dikawal oleh petugas keamanan. Saat diadang petugas mereka dapat memahami kondisi ini dan diberikan informasi mengenai pelayanan SIM selama masa new normal ini.

"Tahu kalau dibatasi cuma nggak nyangka udah penuh aja jam segini," kata Jatmo yang terpaksa harus datang lagi di lain hari untuk memperpanjang SIM-nya.

Ruang tunggu di Gerai SIM Gandaria City dilengkapi dengan tempat duduk yang juga sudah diberikan batas kosong setiap satu bangku. Ada 23 bangku yang berkapasitas 3-4 orang, akan tetapi diselingi dengan satu bangku tidak boleh diisi. Secara total hanya ada 46 orang yang dapat menunggu dan duduk di kursi.

Antrian yang tidak mendapatkan tempat duduk pun terpaksa berdiri dengan batas jarak yang sudah diberikan patokannya di lantai. Ada pula yang duduk di lantai namun jika terlihat oleh petugas akan diminta untuk berdiri.



Simak Video "Sebentar Lagi, Perpanjangan SIM Tak Perlu Antre-Cukup dari Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)