Minggu, 17 Mei 2020 17:12 WIB

Pandemi Corona, Begini Nasib Dua Hajatan Otomotif Terbesar di RI

Ridwan Arifin - detikOto
Acara GIIAS 2019 tak hanya memamerkan mobil-mobil keren, tapi juga SPG cantik yang menjadi pemanis acara. Booth Toyota salah satunya. Ilustrasi pameran otomotif Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pandemi virus Corona yang melanda Indonesia turut berdampak pada dua hajatan pameran otomotif. Demi mencegah penyebaran COVID-19, panitia penyelenggara terpaksa harus menunda agenda rutin tahunan ini.

Indonesia International Motor Show (IIMS) dipastikan tidak digelar tahun 2020 ini.

"Keputusan TIDAK terselenggaranya IIMS 2020 bukan kebijakan populis. Langkah ini kami ambil untuk mengutamakan kepentingan banyak pihak utamanya dari sisi kesehatan sekaligus mendukung keputusan pemerintah untuk memutus penyebaran virus maha dahsyat ini," ujar Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh.

Pameran IIMS direncanakan mundur hingga tahun 2021, dan bakal akan dilangsungkan pada 18-28 Februari di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sedangkan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) masih berencana untuk menggelar hajatan otomotif di tahun 2020.

Tetapi, Gaikindo berasumsi bahwa pada bulan Juni 2020 kondisi pandemi akan mulai membaik. Kemudian pada bulan Juli 2020 kondisi negara secara keseluruhan diprediksi akan mulai berangsur-angsur normal, termasuk kondisi ekonomi Indonesia.

"Kami harus berpikir ke depan, bahwa berbagai faktor harus kami prioritaskan, seperti kesehatan dan keselamatan masyarakat, kondisi perekonomian negara, dan selain itu kami juga harus memikirkan kepentingan industri. Industri otomotif akan membutuhkan waktu untuk recovery, namun juga membutuhkan ajang untuk bangkit Kembali, oleh karena itu kami memutuskan untuk berupaya tetap melangsungkan GIIAS 2020, konsentrasi ke dua penyelenggaraan, dengan beberapa penyesuaian," kata Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi.

Rencananya, GIIAS 2020 akan berlangsung di BSD-City pada 22 Oktober-1 November 2020.

Sementara GIIAS Surabaya 2020 yang semula dijadwalkan pada 20-29 Maret 2020, juga diundur menjadi 2-6 September 2020, dan akan berlangsung selama 5 (lima) hari, di Grand City Convex Surabaya.

GIIAS Medan dan Makassar tidak digelar tahun ini. Penyelenggaraan GIIAS Makassar dan GIIAS Medan akan dilaksanakan kembali pada tahun 2021.



Simak Video "Meriah Seru Pameran Mobil Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com