Kamis, 30 Apr 2020 14:23 WIB

Desain Mobil Diprediksi Berubah Setelah Pandemi Corona Usai

Rizki Pratama - detikOto
Pabrik Mobil Wuling di Cikarang Virus Corona akan pengaruhi rancangan mobil Foto: Dok. Wuling Motors Indonesia
Jakarta -

Pandemi virus Corona telah menyebabkan semua pabrikan kendaraan menghentikan aktivitas pabrik. Mobil-mobil yang sedang dikembangkan pun harus ditunda hingga waktu yang tak menentu.

Selain hal di atas, beberapa perancang mobil mengatakan bahwa pandemi ini juga akan berpengaruh pada desain mobil nantinya. Kondisi saat ini akan merubah perspektif orang terhadap keamanan dan kenyamanan dalam kendaraan.

"Pandemi akan mengubah sudut pandang kita bagaimana pengalaman mengenai kemewahan dan keamanan di masa depan," kata Kepala Desain Daimler, Gorden Wagener.

Perancang mobil mewah Rolls-Royce, Felix Kibertus menimpali bahwa di masa yang akan datang interior akan menjadi perhatian utama oleh pelanggan. "Di masa depan akan mementingkan kebebasan bepergian dengan aman dan interior mobil akan lebih diperhatikan dari sebelumnya," katanya.

Pendapat para perancang mobil itu dapat diartikan para perusahaan mobil akan membuat interior yang lebih 'menyehatkan'. Salah satu upaya yang sudah diterapkan adalah penggunaan filter udara di kabin.

Sementara itu Jaguar Land Rover menggunakan ultraviolet untuk menghambat penyebaran virus dan bakteri. Teknologi bahkan sudah dikenalkan sebelum pandemi terjadi untuk mengatasi pathogen. Tentunya itu dapat dikembangkan untuk fungsi yang lebih maju sesuai kebutuhan saat ini.

Berbeda dengan Jaguar Land Rover, Wagener mengindikasikan Mercedes-Benz sedang melakukan eksperimen untuk upaya pencegahan di luar kabin. Ia mengatakan bahwa timnya sedang berupaya merancang mobil yang dapat menyaring udara dari luar ke dalam menjadi bersih.



Simak Video "Per 12 Agustus Kasus Positif Corona di RI Jadi 130.718"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com