Hari Ini PSBB Berlaku di Bogor, Depok, dan Bekasi: Ojol Juga Dilarang Angkut Penumpang

Doni Wahyudi - detikOto
Rabu, 15 Apr 2020 07:39 WIB
Ojek online kembali tengah menarik penumpang di kawasan Jakarta Selatan, Senin (13/4/2020). Kementerian Perhubungan mengizinkan ojek online (ojol) untuk kembali mengangkut penumpang wilayah yang menerapkan PSBB.
Ojek online dilarang mengangkut penumpang di PSBB Bogor, Depok, dan Bekasi (Grandyos Zafna/detikOto)
Jakarta -

Tiga wilayah yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta yakni Bogor, Bekasi, dan Depok mulai memberlakukan PSBB mulai hari ini. Ada kesamaan dalam pelarangan ojol angkut penumpang.

Pemberlakuan PSBB di Depok, Bogor, dan Bekasi sudah diteken oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. PSBB ini pada tahap awal direncanakan berlangsung selama 14 hari.

Masing-masing wilayah tersebut sudah menyiapkan aturan masing-masing untuk panduan pelaksanaan PSBB. Secara garis besar ada beberapa kesamaan dengan yang sudah diterapkan di Jakarta.



Termasuk di dalamnya soal pembatasan jumlah penumpang kendaraan. Juga pelarangan ojek online mengangkut penumpang. Selama masa PSBB, ojek online hanya dibolehkan mengantar barang.

"(Ojek online) tidak boleh untuk mengangkut penumpang, hanya untuk barang," ujar jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok, Dadang Wihana, saat dihubungi, detikcom, Senin (13/4/2020).

Hal itu tertuang dalam Pasal 19 ayat 6 Peraturan Wali Kota Depok Nomor 22 Tahun 2020 yang berbunyi:

"Angkutan roda dua berbasis aplikasi dibatasi penggunaannya hanya untuk pengangkutan barang."



Larangan ojol mengangkut penumpang juga berlaku di Bekasi dan Bogor. Namun begitu, untuk warga Bogor masih diperbolehkan boncengan motor.

"Nah untuk itu nanti kita lihat, kalau itu memang suami istri, bisa kita perkenankan dia lewat (melintas melewati check point). Yang penting dia, kita ketahui yang bersangkutan itu warga, bukan penumpang. Dalam artian (ojek) online gitu ya, bukan penumpang atau ojek," kata Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy, dikutip dari NTMC.



Simak Video "Ganjil Genap di Bogor Mulai Berlaku!"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)