Senin, 06 Apr 2020 08:51 WIB

Toyota Land Cruiser Tahun 80-an Ini Masih Diproduksi Sampai Sekarang

Rizki Pratama - detikOto
Toyota Land Cruiser Sudah 30 tahun masih betah di jalur produksi Foto: carbuzz
Jakarta -

Siklus hidup mobil akan terus dipertahankan dengan generasi terbaru selama permintaannya sesuai harapan. Biasanya setiap generasi bisa bertahan sampai 8 tahun di jalur produksi, tapi tidak untuk SUV satu ini.

Mobil yang disebut di atas adalah Toyota Land Cruiser 70 series. Meski sekarang sudah ada model terbarunya, model saat ini permintaannya tak pernah turun dan masih diproduksi di Australia.

Toyota Land Cruiser pertama kali dikenalkan pada tahun 1984 dan konstruksi dasarnya tak pernah berubah sampai sekarang. Ketangguhan sasis dan kaki-kakinya masih dipertahankan, oleh karena itu sampai sekarang setelah beberapa generasi bentuknya tak terlalu berubah.

Saat ini SUV tersebut tersedia dalam pilihan single cabin, double cabin, dan pikap. Semua varian ditenagai oleh mesin turbodiesel 4,5 liter yang menghasilkan 202 tenaga kuda dan torsi 317 lb-ft yang disatukan dengan gearbox manual lima kecepatan.

Ini adalah mesin turbodiesel V8 pertama yang diproduksi merek Jepang itu dan telah melayani Land Cruiser 70 di Australia selama 13 tahun terakhir. Sebelumnya model ini menggunakan mesin kapasitas 2,0 liter.

Di dalam dan di luar, Land Cruiser 70 memang tidak bisa menyembunyikan umurnya, tetapi ada sesuatu yang menawan dari mobil ini. Dasbor yang tidak terlalu luas tipikal kendaraan pada era itu, pintu tipis, dan tanpa power window. Kendati begitu mobil ini sudah mengadaptasi ABS dan airbag.

Australia bukan satu-satunya negara yang masih mencintai model ini. Toyota Land Cruiser 70 masih memiliki banyak permintaan di negara kawasan timur tengah.



Simak Video "Aksi Tulus dan Anji Pecahkan Acara Toyota Sebangsa Bandung "
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com