Minggu, 05 Apr 2020 17:17 WIB

Round-up Sepekan

8 Pabrik Otomotif di RI Terimbas Corona, Kurangi Produksi Hingga Setop Sementara

Ridwan Arifin - detikOto
Pabrik Mobil Mitsubishi di Cikarang, Jawa BArat Ilustrasi aktivitas di dalam pabrik mobil Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Virus corona baru atau COVID-19 turut mengganggu industri otomotif di Tanah Air. Tercatat beberapa pabrik berencana mengurangi volume hingga menyetop produksi sementara waktu.

Dalam sepekan ini terkonfirmasi 8 merek otomotif baik mobil dan motor di Tanah Air yang mulai terganggu aktivitasnya karena wabah corona.

Industri pertama yang menyetop produksinya lebih dulu adalah Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Pabrikan berlambang garputala ini pun harus menghentikan sementara dua pabrik produksi mereka di Indonesia, yang berdiri di Pulo Gadung Bekasi dan Karawang Jawa Barat sedari 3 April hingga 19 April 2020.

Sedangkan pabrik Suzuki baik motor dan mobil terhitung mulai dari 13-24 April 2020. Penghentian sementara di ketiga lokasi pabrik Suzuki, yaitu di Cakung, Tambun, dan Cikarang.

Langkah yang sama diikuti Honda Prospect Motor, produsen mobil Honda. Aktivitas produksi di pabrik Karawang bakal terhenti sementara selama dua pekan, dimulai pada 13 April 2020. Honda menyebut ada sekitar 4000 karyawan dirumahkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com