Minggu, 29 Mar 2020 12:11 WIB

Suzuki Akan Produksi Ventilator dan Masker untuk Tangkal Corona

Luthfi Anshori - detikOto
Pabrik Suzuki di India Pabrik Suzuki di India.Foto: Rushlane
Jakarta -

Sejumlah pabrikan otomotif di dunia sudah menyatakan kesediaannya untuk membuat perangkat penangkal virus corona. Tak mau ketinggalan, Maruti Suzuki India pun berencana memproduksi ventilator, masker, hingga APD (Alat Pelindung Diri).

Mengutip dari Rushlane, pihak Suzuki akan menggandeng perusahaan pembuat alat kesehatan AqVa Healthcare, di Noida, Uttar Pradesh.

Kerja sama ini diharapkan bisa memproduksi ventilator sebanyak 10.000 unit per bulan.

Sementara AqVa Healthcare akan menyediakan teknologi dan sumber daya manusianya, Maruti Suzuki bertanggung jawab atas penyediaan komponen melalui pemasoknya, dan sekaligus menjamin kualitasnya.

Maruti Suzuki juga bertindak sebagai penyandang dana, termasuk pihak yang mengurus berbagai perizinan.

Untuk produksi masker, pengerjaannya bakal diserahkan kepada Krishna Maruti. Ditargetkan 2 juta masker bisa diproduksi dan diedarkan ke yang membutuhkan.

Sedang untuk pembuatan pakaian APD, pihak Maruti akan bekerja sama dengan Bharat Seats dan keluarga Relan.

Pihak Maruti Suzuki memastikan bahwa proses manufaktur ketiga perlengkapan tersebut, juga dibuat dengan dasar kepedulian mereka, terhadap para pekerja. Mereka bakal melakukan segala cara untuk melindungi keselamatan dan kesehatan pekerja. Terlebih saat ini di India sudah menerapkan kebijakan lockdown.

Beberapa merek otomotif mobil dan motor di India mengalihkan konsentrasinya untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran corona. Hyundai misalnya, akan mendatangkan sekitar 25.000 test kit corona langsung dari Korea Selatan. Mahindra dan TVS juga dikabarkan akan memproduksi ventilator dan masker untuk memerangi wabah COVID-19.



Simak Video "Kebersamaan Suzuki dan Alex Rins Berlanjut hingga 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com