Senin, 23 Mar 2020 08:00 WIB

China Mulai Pulih dari Corona, Polusi Udara Meningkat Lagi

Doni Wahyudi - detikOto
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia menargetkan memproduksi 150.000 unit mobil Innova dan Fortuner di tahun 2012. Selain pasar domestik kendaraan yang diproduksi juga diekpor ke 28 negara. Yuk, kita intip proses perakitan mobil di pabrik yang terletak di Karawang tersebut. Ilustrasi pabrik mobil yang mulai hidup lagi di China (Agung Pambudhy/detikOto)
Jakarta -

China mulai menunjukkan lagi geliatnya seiring kepulihan mereka dari pandemi corona. Itu membuat tingkat polusi udara di beberapa kota kembali mengalami kenaikan.

Diberitakan sebelumnya, China mengalami penurunan jumlah polusi udara dalam jumlah cukup besar. Hasil pantauan European Space Agency memperlihatkan, udara di wilayah China menunjukkan kondisi membaik dalam periode Desember sampai awal Maret.

Disebutkan kalau tingkat polusi di China menurun 20-30%. Angka yang cukup besar ini terjadi karena keputusan lockdown yang dilakukan pada Kota Wuhan, juga lantaran beberapa pabrik dan industri berhenti beroperasi.



Pada akhir Februari, penurunan polusi udara malah mencapai level tertinggi, yakni 40% di beberapa kota di China.

Namun kondisi tersebut kini berubah, seiring pulihnya China dari hantaman virus corona. Dikutip dari Autoblog, tingkat polusi di China kembali merangkak naik sejak 16 Maret.

Beberapa pabrik otomotif di China dikabarkan sudah kembali beroperasi, meski belum 100%. Dalam beberapa pekan ke depan negara tersebut diprediksi akan bisa kembali ke kondisi awal seperti sebelum virus corona menghantam.



China terus mengalami penurunan jumlah pasien positif corona sejak pekan lalu. Beberapa rumah sakit darurat yang sebelumnya berdiri untuk menampung pasien sudah mulai ditutup.



Simak Video "Kasus Aktif Covid-19 Indonesia di Bawah Rata-rata Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com