Kamis, 12 Mar 2020 17:32 WIB

Wilayah Bekasi yang Akan Dipasang Kamera Tilang Elektronik

M Luthfi Andika - detikOto
Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar razia di Terminal Kampung Melayu, Jakarta, Rabu (4/1). Kepolisian menerapkan penindakan dengan sistem tilang elektronik (e-Tilang). Ilustrasi tilang elektronik Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Polres Bekasi memastikan sudah mulai uji tilang elektronik di wilayah Bekasi. Untuk tahap pengujian, 3 kamera terpasang di wilayah Sentral Grosir Cikarang (SGC). Meski demikian, Polres Bekasi pastikan masih ingin menambah kamera CCTV di beberapa wilayah mereka.

Demikian disampaikan Kasat Lantas Bekasi Rachmat Sumekar, kepada detik.com, Kamis (12/3/2020).

"Karena ini masih dalam proses pengujian (tilang elektronik-Red), jadi memang belum ada data berapa banyak pengendara yang melanggar. Selain itu tilang elektronik ini masih proses dan beberapa alat masih harus benar-benar di-setting lagi agar lebih bagus," ujar Rachmat.

Ilustrasi Tilang Elektronik Ilustrasi Tilang Elektronik Foto: Lamhot Aritonang

"Rencananya, karena kamera ini kan dari pemda Bekasi. Ke depan mungkin kita akan koordinasi ke Pemda Bekasi, Pemda Bekasi mau bantu berapa kamera lagi, untuk menambah jumlah kamera CCTV agar bisa lebih menerapkan tilang elektronik," tambah Rachmat.

Rachmat mengatakan ada beberapa tempat yang bisa ditaruh CCTV untuk menerapkan tilang elektronik di Bekasi, agar pengendara bisa lebih tertib.

"Jika ada penambahan kamera CCTV, mungkin ada beberapa tempat yang bisa ditaruh kamera CCTV. Misalnya di Lemah Abang, Lippo Cikarang, Wilayah Jababeka, Cibitung, dan Tambun. Karena ini daerah yang padat keramaian, tingkat kecelakaan juga tinggi di wilayah tersebut. Selain itu kemacetan dan pelanggaran cukup tinggi di daerah tersebut, sehingga perlu adanya kamera CCTV di sana," ujar Rachmat.



Simak Video " Polisi: 341 Pemotor Kena Tilang Elektronik"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com