Minggu, 08 Mar 2020 18:40 WIB

Toyota Mau Bangun Pabrik Mobil Listrik Rp 17,4 Triliun

Luthfi Anshori - detikOto
Logo Toyota terlihat di diler AutoNation Toyota di California Logo Toyota.Foto: Reuters/Mario Anzuoni
Jakarta -

Toyota disebut-sebut bakal membangun pabrik baru untuk produksi kendaraan listrik. Pabrik mobil listrik ini, rencananya akan dibangun di Tianjin, China.

Seperti dilaporkan Reuters, Toyota bekerja sama dengan perusahaan lokal China, FAW Group, untuk membuat fasilitas ini. Usaha patungan ini menghasilkan nilai investasi sebesar USD 1,22 miliar atau setara Rp 17,4 triliun.

Bocoran informasi dari dokumen milik otoritas China-Singapore Tianjin Eco-city itu juga mengatakan pabrik ini memiliki kapasitas produksi kendaraan ramah lingkungan sebesar 200.000 per tahun. Di China, terminologi kendaraan listrik yakni meliputi tipe full battery, plug-in hybrid, dan fuel-cell.

Toyota Grup belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait investasi tersebut. Namun pabrikan Jepang ini menganggap China sebagai salah satu pasar global terpenting untuk pertumbuhan bisnisnya.

Tahun lalu, pasar mobil China mengalami penurunan hingga 8,2 persen. Namun Toyota dan merek premiumnya Lexus, menjual sekitar 1,62 juta unit kendaraan atau naik 9 persen dibanding 2018.



Simak Video "Mobil Listrik Anak Bangsa, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com