Sabtu, 07 Mar 2020 10:02 WIB

Ini Jenis Truk Obesitas yang Belum Diberantas Pemerintah Sampai 2023

Luthfi Anshori - detikOto
truk odol Ilustrasi truk obesitas.Foto: Istimewa
Jakarta -

Pemerintah berkomitmen mengurangi kecelakaan lalu lintas akibat truk obesitas melalui program Zero ODOL (Over Dimension Over Loading). Program ini sedianya mulai berlaku pada tahun 2023 mendatang. Saat ini Kementerian Perhubungan memberi toleransi kepada jenis-jenis truk tertentu agar bisa tetap beroperasi, kendati masuk kategori truk obesitas.

Seperti dijelaskan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, ada beberapa jenis truk pengangkut komoditas tertentu yang masih diberi toleransi. Ada sektor pertambangan, keramik, semen, kaca, dan minuman ringan.

Budi mengaku akan mengundang semua asosiasi terkait yang menginginkan toleransi peraturan zero truk ODOL. Sebagai gantinya, Kemenhub meminta kepada mereka untuk melakukan komitmen terhadap aturan tersebut.

"Saya meminta kepada mereka semua membuat rencana sampai 2023, apa yang akan dilakukan? Apakah normalisasi? Apakah tambah investasi kendaraannya? Yang penting minimal jangan cuma minta, tapi kemudian sampai 2023 tidak ada pergerakan," terang Budi kepada wartawan di Jakarta, belum lama ini.

Di luar jenis truk yang digunakan untuk 5 komoditas tersebut, Budi mengatakan sudah mulai dilakukan normalisasi atau pengembalian dimensi truk sesuai ketentuan pemerintah. Contohnya seperti truk logistik yang digunakan untuk mengangkut kendaraan bermotor dan truk berjenis dump truck.

"Sekarang normalisasi, terutama adalah pada angkutan logistik yang tidak terkena toleransi. Contoh untuk kendaraan truk pengangkut sepeda motor itu sudah banyak yang menormalisasi. Di Semarang, Siba Utama sudah menormalisasi sekitar 300 kendaraan," terang Budi.

"Kemudian di Riau untuk truk tangki CPO juga sudah melakukan normalisasi. Dan kita harapkan sekarang di wilayah Jabodetabek kendaraan seperti dump truck melakukan normalisasi juga. Sebab banyak dump truck melakukan pelanggaran ketinggian dimensi, rata-rata 1,7 meter seharusnya 1 meter. Jadi itu lebih tinggi 70 cm (dari ketentuan)," terang Budi.

Program Zero ODOL ditargetkan berlaku untuk semua komoditas mulai awal 2023 atau akhir 2022.

Ini Jenis Truk Obesitas yang Belum Diberantas Pemerintah Sampai 2023


Simak Video "Kemenhub Bakal Potong Truk 'Obesitas' demi Keselamatan!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com