Sabtu, 01 Feb 2020 11:42 WIB

E-TLE Motor Berlaku, Biker Ingatkan Tagihan Tilang Jangan Salah Alamat

Luthfi Anshori - detikOto
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerapkan tilang elektronik atau E-TLE bagi pengendara sepeda motor di Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakpus. Tilang elektronik diberlakukan pada 1 Februari 2020. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Penilangan elektronik atau E-TLE (Electronic-Traffic Law Enforcement) menggunakan kamera CCTV dalam pengawasannya. Setelah pengendara tertangkap melanggar lalu lintas, maka screen capture (tangkapan gambar) beserta surat konfirmasi akan dikirimkan ke alamat pemilik kendaraan.

Saat E-TLE diterapkan pada pengendara mobil, sempat ada kejadian pemilik mobil tidak diterima ditilang karena dia merasa bukan dia yang mengemudikan kendaraannya saat itu. Pelapor itu adalah pemilik mobil Nissan Tera, Denny Andrian Kusdayat, yang saat itu (8/2019) menggugat Polda Metro Jaya karena E-TLE.

Setelah diterapkan untuk pengendara mobil, E-TLE kini merambah pengguna sepeda motor sejak tanggal 1 Februari 2020. Dedi Saeful Anwar, sebagai biker yang setiap hari bolak-balik Ciputat - Jakarta pun mengingatkan supaya dalam penindakan E-TLE jangan sampai salah alamat.

"Mekanisme penindakan E tilang harus disosialisasikan secara masif," bilang Dedi, kepada detikcom, Sabtu (1/2/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com