Rabu, 15 Jan 2020 10:42 WIB

Sudah Nggak Zaman Goyang Mobil Saat Isi Bensin

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Salah satu mitos dunia otomotif yang masih ditemukan saat ini adalah kebiasaan menggoyangkan kendaraan saat mengisi bahan bakar. Memangnya tindakan seperti ini ada pengaruhnya supaya tangki bensin terisi optimal?

Jawabannya sudah berkali-kali dikatakan tidak ada pengaruhnya seperti telah dijelaskan oleh penyedia bahan bakar, ahli otomotif, dan ahli berkendara sekalipun. Menganggap dengan melakukan hal seperti ini dapat memaksimalkan kapasitas tangki sudah tidak relevan sama sekali.



"Untuk kendaraan mobil jelas tidak berpengaruh karena setiap lubang pengisian BBM sudah ada lubang nafas, lubang nafas itu yang akan menggantikan proses goyangan," jelas Instruktur Rifat Drive Labs, Erreza Hardian saat dihubungi detikcom, Selasa (14/1/2020).

Lubang nafas itu sendiri dapat dilihat berada di sekitar leher tangki BBM. "Indikasi ada lubang nafas supaya uap air tidak mendorong naik adalah ketika melihat ke dalam akan ada lubang kecil di sisi leher (tangki) BBM," tambah Reza.



Selain cara kerja tangki bensin yang dapat terisi maksimal tanpa digoyang, Reza menambahkan pengetahuan penting lain saat mengisi BBM. Fitur tersebut dapat mengidentifikasi ketika ada uap atau cairan bahan bakar sudah penuh sehingga nozzle dapat berhenti menyalurkan bensin.

"Nozzle SPBU juga sekarang auto, artinya ketika ada uap dan BBM naik maka otomatis akan mati. Tujuannya kan supaya tidak tumpah sebenarnya. Tapi mungkin di daerah masih ada yang nozzle-nya tidak auto dan mungkin tangki sudah dimodif maka tidak ada mekanisme seperti di atas," tutup Reza.

Simak Video "PPNS Metrologi Kemendag Tak Temukan Kecurangan pada SPBU Condet"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com