Jumat, 13 Des 2019 14:35 WIB

Pengguna Angkutan Umum di DKI Naik, Diklaim 1 Juta Orang per Hari

Luthfi Anshori - detikOto
Angkutan Umum Foto: Grandyos Zafna Angkutan Umum Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim terjadi peningkatan pengguna kendaraan umum. Anies menyebut jumlahnya naik signifikan dibanding dua tahun lalu.

"Kita bersyukur, alhamdulillah dalam dua tahun ini jumlah pengguna kendaraan umum (di DKI) telah naik dua kali lipat, dari tahun 2017. Itu artinya warga (Jakarta) memilih berpindah dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum," kata Anies, saat memberi sambutan di acara peresmian komunitas Tesla Club Indonesia, di La Moda, Plaza Indonesia, Jakarta.



Lanjut Anies menjelaskan, di tahun 2017 ada sekitar 340 ribu orang pengguna kendaraan umum. Dan sekarang di 2019, angkanya naik menjadi 700 ribu orang.

"Artinya apa, ada 360 ribu orang yang tiap hari sekarang pindah tidak pakai kendaraan pribadi tapi pakai kendaraan umum," lanjutnya.

Ilustrasi TransjakartaIlustrasi Transjakarta Foto: Grandyos Zafna


"Itu rata-rata, kalau peak-nya itu bisa sampai 1 juta per hari. Dan ini yang kita dorong terus," kata Anies lagi.

Anies sendiri memang memasukkan kendaraan umum sebagai skala prioritas untuk menekan emisi kendaraan di ibu kota Jakarta.



Kendaraan umum masuk dalam skala prioritas posisi ketiga, setelah kendaraan bebas emisi, dan pejalan kaki.

"Dengan ranking seperti itu, sumber daya di Jakarta digunakan secara terstruktur bahwa kita rumuskan untuk pejalan kaki, lalu kendaraan bebas emisi, kendaraan umum. Dan kendaraan umum ini kita dorong secara masif," ucapnya.

Simak Video "Bubarkan Diri, Massa Kontra Anies Dikawal Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com