Selasa, 10 Des 2019 17:49 WIB

Keluarga Kusmajadi

Dear Pemerintah, Ini Masukan Agar Traveler Bisa Keliling Indonesia Naik Mobil

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Instagram @keluarga.kusmajadi
Jakarta - Dijamin pasti banyak dari kita yang mengaku warga negara Indonesia, tapi belum mengenal Indonesia seutuhnya, bahkan belum pernah berkunjung ke berbagai daerah Indonesia. Tentu bukan tanpa alasan tidak melakukan hal tersebut, mengingat luasnya wilayah Indonesia, mahalnya biaya untuk mengenal Indonesia, kesiapan mental, tidak ada waktu dan segudang alasan lainnya yang membuat banyak dari kita untuk tidak bisa melakukan perjalanan keliling Indonesia.

Tapi tidak untuk keluarga Kusmajadi yakni Abah Dodi Kusmajadi (47), Ambu Melati Muslaela Puteri (43), Abang Abdul Hakim Putra Kusmajadi (16) dan Dek Nara Sabiya Putri Kusmajadi (14), yang meninggalkan semua kehidupan mereka demi keliling Indonesia menggunakan truk Mitsubishi Fuso yang disapa Moti.



Memilih untuk melakukan perjalanan panjang hingga memakan waktu tahunan ini, memang sengaja dilakukan agar bisa belajar, merasakan hidup diberbagai wilayah Indonesia, lebih mengenal Indonesia, serta mensyukuri semuanya.

Keluarga KusmajadiKeluarga Kusmajadi Foto: Instagram @keluarga.kusmajadi


Namun perjalanan mereka untuk bisa keliling Indonesia menggunakan truk bukan tanpa masalah, hal ini coba mereka ungkapkan dan beri masukan kepada pemerintah. Agar setiap masyarakat Indonesia bisa lebih mengenal Indonesia, dengan cara melakukan perjalanan keliling Indonesia bersama keluarga dengan cara keliling Indonesia.



"Kesulitan apa yang dirasakan selama perjalanan? Mungkin bukan kesulitan kaliya, tapi catatan saja bagi pemerintah. Budaya Family Traveling ini akan menjadi tren," ujar Abah.

"Ada yang menggunakan media lain seperti van, mobil atau motor. Seharusnya kalau kami diberikan wilayah parkir (di seluruh wilayah Indonesia-Red), air bersih, pembuangan air kotor ini sangat membantu. Kaarena ini semua belum ada sama sekali selama ini," tambah Abah.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com