Minggu, 01 Des 2019 12:05 WIB

Bikin Celaka Orang Lain, Stop Merokok Sambil Berkendara

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Rangga Rahardiansyah

Pertama adalah Febry Risdhiyatama Fahrurriza yang sampai mengalami iritasi berat setelah matanya terkena abu rokok ketika berkendara motor. Saat kejadian, Febry berkendara sendiri dan di depannya ada motor yang ditumpangi 2 pria. Pria yang membonceng sedang merokok dan memegang rokok di tangan kanan.

Sempat viral juga kejadian lain yang dialami Rendhy Maulana. Dalam halaman Facebook-nya Rendhy bercerita bahwa mata sebelah kanannya mengalami iritasi parah hingga kesulitan melihat akibat kena bara rokok yang tertiup angin di jalan.

[Gambas:Instagram]



Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Sumarna menghimbau kesadaran akan bahaya merokok sembari berkendara tak hanya untuk pengguna sepeda motor.

"Mengemudi, apapun kendaraannya harus fokus atau konsentrasi. Menjaga kontrol dan keseimbangan kendaraan. Tidak boleh yang namanya sambil-sambil apalagi ngerokok," buka Sony kepada detikcom.

Sony menjelaskan dampak buruk yang ditimbulkan akibat merokok sambil berkendara, salah satunya dapat mempengaruhi kesiapan pengemudi saat menghadapi situasi yang darurat.

"Mengemudi sambil merokok, artinya pengemudi hanya fokus satu tangan dalam menggenggam kemudi," tambah Sony.

Pun demikian, sisa pembakaran dari rokok adalah salah satu masalah lain yang ditimbulkan, Sony menyebut merokok sambil berkendara dapat merugikan atau membahayakan orang di sekitarnya.

"Abu dan baranya mengganggu pengemudi lain, bisa juga terbang ke mata sendiri," ujar Sony.

Bikin Celaka Orang Lain, Stop Merokok Sambil Berkendara
Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com