Jumat, 29 Nov 2019 07:13 WIB

Kalau Mau Serius dan Aman, Jalur Sepeda Harus Dibatasi Beton

Rizki Pratama - detikOto
Jalur sepeda Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Jalur sepeda di Jakarta mengundang banyak keluhan dari para pengguna kendaraan bermotor. Terima tidak terima, aturan tersebut telah diundangkan dan sudah diberikan penindakan tegas.

Daripada memperdebatkan keputusan yang telah dibuat itu ada baiknya memperbaiki penerapannya. Pesepeda dan kawan-kawannya yang melaju di jalur tersebut perlu diberikan jaminan keselamatan di tengah lautan kendaraan bermotor agresif.

Saat ini memang sudah ada batasan berupa garis atau traffic cone. Melihat perilaku mayoritas perilaku berkendara masih buruk, ancaman nyawa kepada pengendara di jalur sepeda bagaikan bom waktu yang siap meledak.

Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) memahami potensi tersebut dan mengusulkan ada pembatas jalur yang lebih aman. Pembatas itu perlu karena dinilai tingkat kecerdasan pengendara di Indonesia masih rendah dalam mengamalkan aturan.



"Kalau hanya dibatasi warna, lalu juga hanya cone juga tidak ada edukasi. Tapi kalau diniat seperti jalur Transjakarta ada pembatas tinggi itu jelas dilarang. Saat ini kita kan kesulitan berbeda dengan (pengendara) intelektualitas baik, tanpa pembatas pun pasti tidak akan dilewati," kata Wakil Sekjen Masyarakat Transportasi Indonesia, Deddy Herlambang di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019).

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com