Sabtu, 09 Nov 2019 07:46 WIB

Teknologi Baru Lamborghini Mobil Listrik Tanpa Baterai

Rizki Pratama, Rizki Pratama - detikOto
Foto: Lamborghini Foto: Lamborghini
Jakarta - Tak dapat dipungkiri bahwa elektrifikasi adalah masa depan dunia otomotif di Indonesia dan di dunia mengingat cadangan sumber daya energi fosil akan terus menipis. Di saat Tesla mengejar baterai dengan kemampuan jarak tempuh juta kilometer dan Hyundai yang mengembangkan pengisian daya dari energi matahari, Lamborghini memiliki alternatif lain.

Melalui sebuah patennya Lamborghini menggunakan medium super kapasitor sebagai penyimpan energi listrik alih-alih menggunakan baterai. Teknologi ini sudah memulai debutnya melalui pada mobil produksi terbatas Lamborghini Sian dan terus mengalami pengembangan.



Pengembangan teknologi ini merupakan hasil kerja sama dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang mengukir karya pertamanya melalui konsep Terzo Millenio. Paten ini menggunakan bahan sintetis yang akan menjadi dasar pengguna super kapasitor ke depannya yang dibuat oleh tim Profesor Mircea Dinca dari Departemen Kimia MIT, berdasarkan konsep 'Kerangka Kerja Organik Logam'.



Hasilnya adalah kumpulan bahan yang struktur molekulnya ideal untuk memproduksi elektroda super kapasitor berkinerja tinggi di masa depan, memaksimalkan luas permukaan sekaligus menjaga massa tetap rendah. Pada penerapannya, teknologi ini meningkatkan kepadatan energi dan menurut dokumentasi paten, teknologi baru ini dapat meningkatkan kepadatan energi hingga 100% dibandingkan dengan teknologi apa pun yang saat ini beredar di pasaran.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Keren! Ayah dan Anak Buat Lamborghini dari Printer 3 Dimensi"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com