Selasa, 22 Okt 2019 13:37 WIB

Basuki Dipanggil ke Istana, Dikenal Sederhana Ini Koleksi Kendaraannya

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Basuki Hadimuljono merapat ke Istana (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -
Mantan Menteri PUPR Kabinet Kerja Jilid I Basuki Hadimuljono merapat ke Istana di hari pengenalan calon menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kelanjutan dari kegiatan kemarin di mana Jokowi memanggil sejumlah calon menteri.

Basuki memakai kemeja putih, ia tiba di istana sekitar pukul 11.15 WIB.

Sosok yang dijuluki Presiden Jokowi sebagai Bapak Infrastruktur ini dikenal sebagai sosok yang sederhana.



Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK yang disampaikan pada 24 Maret 2019. Ia tidak terlalu doyan mengkoleksi banyak mobil dan motor.

Basuki tercatat memiliki total kekayaan sebesar Rp 18,3 miliar. Dari angka tersebut untuk alat transportasi dan mesin terdata Rp 190 juta.

Jumlah tersebut merupakan kendaraan mobil Honda Accord tahun 2009 yang ditaksir nilainya Rp 100 juta. Dan satu unit sepeda motor Royal Enfield Bullet Classic tahun 2017 yang ditaksir Rp 90 juta.

Jumlah koleksi mobilnya pun menyusut, dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada tahun 2014. Bila ditotal harganya, koleksi mobil Basuki Hadimuljono sejumlah Rp 428,6 juta.


Satu mobil yang tidak lagi terdaftar yakni mobil bergaya hatchback merk Toyota Yaris, tahun pembuatan 2012, yang berasal dari hibah, perolehan tahun 2012. Saat pelaporan harta mobil ini ditaksir harganya Rp 133,6 juta.

Sebelumnya mantan Ketua MK, Mahfud MD melalui jejaring twitternya pernah membagikan bahwa sosok Basuki merupakan orang yang memiliki gaya hidup sederhana.

"Saat berbuka bersama di rumdin (rumah dinas) Men-PUPR kmrn sore sy dpt cerita dari teman2-nya betapa sederhananya gaya hidup Pak Basuki. Sejak mhs dulu, trmasuk saat studi di USA, ibadahnya kenceng, termasuk rajin salat tajajjud utk selalu bermunajat kpd Allah. Dia adl pejabat yg rendah hati," jelas Mahfud.

Simak Video "Kaget Tarif Tol Naik, Menteri PUPR Telepon Kepala BPJT"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com