Selasa, 01 Okt 2019 19:21 WIB

Rute Aman Berkendara Menghindari Aksi Demo

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Aksi demo mahasiswa di depan Gedung DPR menyebabkan arus lalu lintas yang melewati jalan Gatot Subroto itu mati alias tidak bisa dilewati. Meski begitu bukan berarti anda tak dapat mencapai tujuan dengan selamat

Ada beberapa rute alternatif yang bisa dilewati dan terhindar dari dampak kericuhan apabila terjadi bentrok antara aparat dan massa aksi demo.

Bagi yang berkendara dari arah kuningan ada dua kemungkinan pemblokiran jalan. Pertama tepat sebelum depan gedung DPR RI. Jika jalan ditutup dari sana dan akan menuju ke kawasan Jakarta Barat anda masih bisa belok kiri menuju Senayan melewati jalan Gerbang Pemuda.



Alternatif kedua apabila aksi demo meluas ada kemungkinan jalan ditutup dari Semanggi. Dari sini juga anda dapat langsung belok kiri melewati Jalan Sudirman. Dari arah sini anda dapat mengakses berbagai jalan utama atau jalan tikus sampai menemui ruas jalan Tentara Pelajar. Dari sana anda sudah dapat akses menuju kawasan Jakarta Barat.

Sementara itu jika anda hendak melakukan perjalanan menuju Jakarta Pusat atau Jakarta Utara dari arah Selatan dianjurkan untuk lebih dulu mencari rute lain. Alasannya akses untuk putar balik sepanjang Jalan Gatot Subroto sangat minim akibat dipisah oleh jalan tol.

Ada baiknya dari Jalan Gatot Subroto sebelum Balai Kartini segera memilih berbelok ke Jalan Rasuna Said. Dari sana anda sudah dapat menentukan sendiri ingin melewati jalur mana untuk ke kawasan Jakarta Pusat atau Jakarta Utara.



Dari Arah sebaliknya, Slipi pemblokiran jalan bisa juga terjadi dan dari sana anda dapat keluar dari jalan Gatot Subroto memasuki Jalan Penjernihan. Dari sana anda yang ingin menuju kawasan Jakarta Selatan bisa jalan terus melewati Jalan Galunggung lalu belok kanan ke kawasan Manggarai hingga dapat akses ke daerah Tebet.

Perlu diingat situasi jalan ini hanya rekayasa menimbang situasi jalan beberapa kali aksi demo ini. Tentunya berbagai alternatif lain dapat dilalui tergantung keadaan.

Rute Aman Berkendara Menghindari Aksi Demo


Simak Video "Hari Ini, Jalan Depan Bawaslu Masih Ditutup"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com