Senin, 23 Sep 2019 20:20 WIB

Intip Spesifikasi Water Canon Polisi yang Amankan Demo

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Lisye/detikcom Foto: Lisye/detikcom
Jakarta - Kendaraan taktis (rantis) Polri seperti water canon jadi perangkat yang wajib ada dalam setiap aksi demonstrasi. Water cannon diperlukan untuk mengurai atau membubarkan massa.

Nah sebenarnya seperti apa sih spesifikasi dari water canon yang digunakan Polisi RI ini? Ternyata, salah satu water canon yang dimilili Kepolisian Indonesia merupakan buatan Korea Selatan, dengan kode DWC6500 produksi perusahaan Daejicar.



Mengutip situs daejicar.koreasme.com, kendaraan lapis baja ini memiliki penggerak 4x2, dengan transmisi 6 percepatan dan 1 gigi mundur. Truk ini punya bobot sekitar 16 ribu kg dan bisa membawa muatan sebanyak 6.500 kg. Dan untuk kapasitas penumpang, bisa dimuati 5 awak kabin.

Water cannonWater cannon Foto: dok. daejicar.koreasme


Soal dapur pacu, DWC6500 dibekali mesin diesel 11.051 cc, yang bisa menghasilkan tenaga puncak 320 dk pada 2.100 rpm. Kapasitas tangki bensinnya sendiri bisa melahap 200 liter solar.



Truk ini juga sudah dibekali ban jenis run flat tire, sehingga truk tetap bisa melaju kendati ban kempis atau bocor sekalipun.

Untuk kapasitas tangki airnya sendiri, bisa menampung 6.500 liter air. Dan untuk menyemprotkan semburan air ke objek, bisa dilakukan melalui tongkat joystick maupun monitor.

Simak Video "Intip Kendaraan Taktis Baru Polisi di Sidang Ahok, Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com