Selasa, 13 Agu 2019 21:03 WIB

Bukan Ngecas Motor Listrik, SPLU PLN Lebih Banyak Digunakan PKL

Luthfi Anshori - detikOto
SPLU PLN Disjaya Gambir Foto: Luthfi Anshori SPLU PLN Disjaya Gambir Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - PLN menjadi salah satu instansi penyedia fasilitas stasiun pengisian listrik di DKI Jakarta. Jumlahnya tidak main-main, lebih dari seribu unit SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum) sudah tersebar di Jakarta dan sekitarnya.

"SPLU PLN di Jakarta kali pertama diluncurkan di Jakarta, Agustus 2016. Sampai saat ini, SPLU di wilayah kerja PLN UID Jakarta Raya sendiri sudah mencapai 1.922 unit," kata Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Tris Yanuarsyah, kepada detikcom, Selasa (13/8/2019).



Meski jumlahnya sudah termasuk kategori masif, pemanfaatan fasilitas pengecasan tersebut belum banyak digunakan pemilik kendaraan listrik.

"Karena kami melihat pengguna kendaraan listrik belum pesat di Jakarta, kami mengarahkan pemanfaatan SPLU sebagai sumber listrik di tempat umum, termasuk untuk para pedagang kaki lima atau penggiat UMKM," sambung Tris.

"Kami bercita-cita SPLU ini dapat digunakan sebagai infrastruktur charging station kendaraan listrik. Hal ini juga kami lakukan supaya saat pengguna kendaraan listrik sudah bertumbuh pesat di Jakarta, infrastruktur yang dibutuhkan sudah ada dan tersedia di mana-mana," lanjutnya.

Sejak diluncurkan hingga Juni 2019, PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya mengklaim sudah menjual daya listrik sejumlah 1.063.766 kWh di SPLU-SPLU tersebut.

Simak Video " Sidang Gugatan Terkait Listrik Padam ke PLN Ditunda"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com