Jumat, 19 Jul 2019 10:47 WIB

Round-Up

Senjata Baru Honda Goda Pecinta Skutik Tanah Air

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Kejutan baru dihadirkan PT Astra Honda Motor (AHM) di lantai pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Honda kali ini memboyong skutik petualang ADV 150 yang merupakan adik dari X-ADV 750.

Motor pun cukup menarik perhatian karena biasanya motor atau mobil baru yang belum diluncurkan ditutup selubung agar membuat penasaran.

Tapi tidak dengan Honda ADV 150. Honda tak menutup motor dengan selubung apapun meski motor belum diluncurkan. Skutik petualang Honda ADV 150 ini menjadi senjata baru Honda menggoda para pencinta di segmen skutik yang tengah naik daun. Apa saja yang menjadi kelebihan motor ini? Simak dalam rangkuman berikut.

Honda ADV 150Honda ADV 150 Foto: Rifkianto Nugroho


1. Honda ADV Dibanderol Mulai Rp 33,5 Juta

Honda ADV 150 ditawarkan dalam dua tipe yaitu ABS-ISS dan CBS-ISS dengan total 6 varian warna. Tipe ABS-ISS dibanderol Rp 36,5 juta dengan warna advance red dan advance white.

Sedangkan tipe CBS-ISS dipasarkan dengan harga Rp 33,5 juta dan ada pilihan warna tough mate brown, tough silver, tough matte black, dan tough red. Harga ini berstatus on the road Jakarta.

Motor ini bakal dirakit di pabrik Honda kawasan Sunter. Meski begitu Honda tak akan mengabaikan kualitasnya karena akan mirip dengan yang dijual di pasar global.

Honda ADV 150Honda ADV 150 Foto: Rifkianto Nugroho


2. Spesifikasi Honda ADV 150

Dari sektor dapur pacu ternyata mesin yang digendong ADV 150 identik dengan mesinPCX 150, yakni 149,3 ccSOHC,eSP, berpendingin cairan. Powermaksimalnya tembus 15,4 ps di 8.500 rpm dantorsinya 13,8 Nm pada 6.500 rpm.

"Basis mesin memang sama dengan PCX, tapi ada beberapa pengaturan untuk meningkatkan di kecepatan rpm di putaran rendah hingga menengah," ujar Honda R & D Southeast Asia sekaligus pemimpin proyek ADV 150, Kazuya Minowa.

Sebagai skutik penjelajah, ADV 150 punya ground clearance 165 mm, dengan tinggi jok 795 mm. Skutik ini punya panjang 1.950 mm x 763 mm x 1.153 mm. Dan jarak sumbu rodanya 1.324 mm. Untuk bobot kosongnya, yang tipe CBS 132 kg dan tipe ABS 133 kg. Dari segi akomodasi, kompartemen bawah jok punya kapasitas 28 liter dan tangki bensin di dek depan bisa menyimpan 8 liter bahan bakar.

Di sektor suspensi, ADV 150 memakai suspensi teleskopik di depan dan dual shockbreaker di belakang dengan subtank. Roda depannya pakai profil 110/80-14 dan roda belakangnya 130/70-13. Kedua roda jenis dual purpose tersebut sudah dibekali sistem rem cakram dengan diameter 240mm di depan dan 220 mm pada roda belakang. Di salah satu variannya bahkan sudah dibekali ABS (Anti-lock Braking System).

Bicara pencahayaan, ADV 150 sudah pakai teknologi full LED. Yang menarik, lampu depannya sudah menggunakan LED dilengkapi sistem DRL (Daytime Running Light).

Untuk memudahkan pengendara, sistem full digital panel meter diaplikasikan pada motor ini. Layar instrumen ini dapat menampilkan berbagai informasi seperti indikator aki, indikator suhu luar, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, indikator penggantian oli mesin, jam, tanggal, Trip A dan Trip B.

Tidak hanya itu, Honda ADV150 dibekali fitur-fitur penunjang untuk pengguna, seperti Two Step Adjustable Windscreen, Honda Smart Key dan alarm system. Untuk kenyamanan, telah dilengkapi dengan power charger pada konsol boks depan dan jok berdesain lebih tinggi di bagian belakang yang menunjang kenyamanan dalam berkendara.

Tidak hanya ABS dan Combi Brake System (CBS) 3 kaliper, Honda ADV150 ternyata sudah dilengkapi fitur ESS (Emergency Stop Signal) pada tipe ABS. Dimana ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak, sehingga dapat memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

ADV 150ADV 150 Foto: Rifkianto Nugroho


3. Bukan Penantang Nmax

Kehadiran Honda ADV 150 yang baru saja meluncur di arena GIIAS 2019, disebut-sebut bakal jadi pesaing kuat Yamaha Nmax. Seperti diketahui jika melihat secara mesin, Honda ADV 150 juga sama-sama mengusung mesin 150cc.

Belum lagi harga Honda ADV 150 juga hampir mirip dengan Yamaha Nmax.

Namun Honda menampik hal tersebut. Honda menyebut skutik ADV 150 membuka pasar baru karena tergolong sebagai skutik petualang.

"Kami juga melihat perkembangan pasar tidak hanya elegan-luxury tapi juga ada pasar-pasar yang pengin sporty, macho, dan futuristik," kata Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya.

Honda ADV sendiri ditargetkan terjual sebanyak 100.000 unit setiap tahun atau rata-rata 10.000 unit per bulannya.

Simak Video "ADV 150, Bertenaga tapi Kurang Empuk?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com