Rabu, 26 Jun 2019 21:14 WIB

Kualitas Bensin Menurun Bila Disimpan Terlalu Lama

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi bensin Foto: M Luthfi Andika Ilustrasi bensin Foto: M Luthfi Andika
Jakarta - Kendaraan baik sepeda motor ataupun mobil disarankan agar selalu dipanaskan. Sebab selain oli yang berfungsi agar tidak menggumpal, jika kendaraan jarang dipakai atau dipanaskan hal itu bisa membuat kualitas bensin pun bisa menurun.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Fuel Scientist Shell Global, Andreas Shaefer di Jakarta, Selasa (26/06/2019).

"Limited storage stability, ini juga satu hal yang kami lihat saat kita mengembangkan bahan bakar. Ini tidak direkomendasikan menyimpan bahan bakar dalam tangki untuk jangka waktu yang lama," buka Andreas.


Menurutnya bensin basi biasanya terjadi karena sepeda motor tidak digunakan selama berbulan-bulan. "Bahan bakar yang berada di dalam (tangki) penyimpanan jika lebih dari 3 bulan tidak direkomendasikan," tambahnya.

Untuk menentukan kapan bensin menjadi sangat buruk beragam penyebabnya, namun Andreas menghimbau pemilik kendaraan tidak usah khawatir bila kendaraan digunakan harian.


"Biasanya saat berkendara penggunaan normal hal ini (bensin rusak) tidak akan terjadi," jelas Andreas.

Pria yang sudah 14 tahun bergabung sebagai ilmuwan dari Shell ini mengungkapkan bahwa unsur kimia pada bahan bakar yang tersimpan lama berpotensi berubah serta menurunkan kualitas bahan bakar.



"Komposisi formula bensin dapat berubah, efisiensi (formula) mengalami reduksi," ujar Andreas. (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com