Rabu, 22 Mei 2019 07:51 WIB

Polisi Palsu Buat Tangkap Si Tukang Ngebut

Ridwan Arifin - detikOto
Polisi palsu di Kanada. Foto: CNN Polisi palsu di Kanada. Foto: CNN
Jakarta - Kepolisian Kanada menambah empat petugas polisi baru yang fungsinya mirip seperti orang-orangan sawah. Kalau orang-orangan sawah untuk mengawasi daerah persawahan, sementara polisi palsu ini untuk bertugas menjaga jalanan dari si tukang kebut. Nantinya, replika polisi tersebut bakal ditempatkan pada beberapa titik di wilayah Lloydminster, Alberta, Kanada.

Melansir CNN, Polisi Michael Hagel mengatakan bahwa mereka dibuat dengan biaya masing-masing USD 350 atau sekitar Rp 5 Juta, dengan bahan komposit alumunium, pun menggunakan jaket dengan pita reflektif agar kelihatan saat malam hari.


Ide ini sebenarnya ditujukan agar memaksa pengemudi mengikuti aturan jalan. "Kami akan memulai program pada minggu pertama Juni dengan menempatkan orang-orangan sawah di zona sekolah setempat," ungkap Hagel seperti dikutip CNN, Selasa (21/05/2019).

Setelah ditempatkan di sana, kemudian akan menyebarkan ke daerah berisiko lainnya di mana tingkat risiko kecelakaannya lebih tinggi. Hagel menambahkan, karena pengemudi tahu bahwa ini bukan polisi sungguhan, replika mirip orang-orangan sawah ini akan dipindahkan ke tempat yang lain secara acak.


Replika orang-orangan sawah ini terinspirasi dari program percontohan, di Coquitlam, British Columbia, yang dijuluki 'Constable Scarecrow'. Program itu membantu mengurangi jumlah pengemudi yang melaju kencang hingga 50 %.

"Tujuan utama kami adalah meningkatkan keselamatan lalu lintas," ungkap Hagel. (riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com