Selasa, 14 Mei 2019 07:06 WIB

Jangan Cuma Tol, Sebaiknya Pemerintah Perhatikan Jalan Provinsi

Luthfi Anshori - detikOto
Tol. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari Tol. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Jakarta - Kesuksesan membangun infrastuktur jalan tol menjadi tajuk utama Pemerintah Presiden Joko Widodo. Namun, kesuksesan proyek tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta-Surabaya, dan tol Trans Sumatera yang mempersingkat jarak Bakauheni-Terbanggi Besar, membuat kondisi jalur provinsi sedikit terabaikan.

Menurut catatan Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), masih ada sejumlah ruas jalan di Jawa dan Sumatera yang butuh diperbaiki, khususnya menjelang musim mudik lebaran. Sebab meskipun sudah ada tol, jalur provinsi tetap diperlukan sebagai jalur alternatif pemudik.



"Masih ada infrastruktur jalan Provinsi/Negara yang kondisinya rusak dan belum ada tanda-tanda diperbaiki. Hal ini tentunya akan membuat perjalanan pemudik terganggu," tulis IPOMI, dalam keterangan resmi kepada detikcom, Selasa (13/5/2019).



"Jadi ada hal yang dilupakan pemerintah, masih ada jalan yang rusak seperti di wilayah Sumatera Utara, jalur Lintas Timur Sumatera di wilayah Jambi-Riau, Jambi-Sumatera Selatan. Dan untuk di Jawa, di jalur Lintas Tengah Jawa di wilayah Brebes dan Banyumas, Lintas Pantura di wilayah Batang-Plelen- Gringsing, sampai Kendal," lanjutnya.

Sebagai informasi, IPOMI mengatakan pemudik melalui jalan raya tahun ini diprediksi lebih dari 10 juta kendaraan baik roda dua maupun roda empat, dengan mayoritas pergerakan dari wilayah Jabodetabek menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.


Mudik Lebaran, Ini Skenario Sistem Satu Arah Tol Trans Jawa:

[Gambas:Video 20detik]

(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com