Rabu, 20 Feb 2019 13:05 WIB

Tanggapan Mayasari Bakti Saat Nanti Bus Kota Berbasis Listrik

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi Mayasari Bakti Foto: Ari Saputra
Jakarta - Babak baru industri otomotif di Indonesia mulai merambah ke bus listrik. Bahkan di awal tahun 2019, PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) mulai bermain dengan bus listrik.

Perusahaan Otobus (PO) legendaris di Indonesia, Mayasari Bakti menilai memiliki armada bus listrik bukanlah suatu hal yang mustahil. Seperti yang dikatakan Asisten Direktur Operasi PT Mayasari Bakti Ahmad Zulkifli saat berbincang dengan detikOto di kantornya, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (19/02/2019).



"Kalau ini merupakan regulasi pemerintah kita akan welcome, artinya bus listrik adalah keniscayaan, tapi perlu diperhatikan bagaimana infrastruktur ini harus disiapkan," ungkap Akhmad.

Bus listrik BakrieBus listrik Bakrie Foto: Dok. BNBR


"Semua tidak ada yang tidak mungkin, kita pastinya ikut berkontribusi bagaimana masyarakat bisa ikut menikmati seluruh kemajuan," tutur Akhmad.

Akhmad kemudian mengisahkan bagaimana sebelumnya Mayasari Bakti bercita-cita memiliki bus gandeng yang saat ini melayani penumpang Transjakarta.

"Dulu kita berangan-angan ingin punya bus gandeng hari ini kita bisa mencapai-nya," kata Akhmad.



Namun dirinya masih menimbang soal infrastruktur dan after sales ketika armada PO Mayasari Bakti sudah memiliki bus listrik.

"Banyak aspek kalau kita mau terjun ke operasional terutama dari sisi maintenance apakah infrastruktur, SDM, alih teknologi sudah siap," kata Akhmad. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com