Jumat, 16 Nov 2018 08:06 WIB

Sparepart Palsu Lebih Murah, Jaminan Keselamatan Lebih Rendah

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Luthfy Syahban Foto: Luthfy Syahban
Jakarta - Mobil membutuhkan suku cadang dalam perawatannya. Suku cadang yang dirasa mahal di bengkel resmi memunculkan suku cadang palsu dengan kualitas rendah dan harga murah yang merugikan banyak pihak.

Modus terburuk yang dilakukan adalah penjualan produk palsu menggunakan merek yang bukan hak mereka dengan harga murah. Akibatnya produsen berstandar dan legal mengalami kerugian yang juga akan dirasakan konsumen sebagai penggunan.

"Modus pemalsuan suku cadang? Suku cadang itu gini, ada KW1, KW2, sampai KW4. Itu ada yang memang barang baru ada juga barang yang refurbished. Kembali lagi sepanjang tidak menggunakan merek orang lain, terus kemudian kondisi barang secara transparan diinformasikan kepada konsumen, itu seratus persen hak konsumen mau beli atau tidak," ungkap Ketua Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP), Justisiari P. Kusumah.



Konsumen memang memiliki hak untuk memilih produk yang mereka inginkan dan mengambil segala risikonya terhadap pilihan tersebut. "Kita tidak bisa mencegah konsumen dia mau murah tapi ada risiko ya pilihan dia. Tapi ketika dia menggunakan barang yang menggunakan merek dagang itu melanggar dan pemilik merk punya hak untuk melakukan upaya hukum pidana atau perdata," kata Justisiari.

Masyarakat di Indonesia saat ini masih sangat kurang akan kesadaran terhadap keselamatan jiwa. Sebagian konsumen, khususnya di industri otomotif lebih mengutamakan harga semurah mungkin daripada kualitas dari sebuah produk.



"Jadi kalau menghemat uang penting, tapi menyelamatkan nyawa (akibat pakai barang palsu di sepeda motor) jauh lebih penting. Nah ini juga pendekatan MIAP itu tidak hanya dari satu sisi saja, pemilik merek atau aparat saja. Tapi semuanya sampai konsumen hingga mahasiswa dan pelajar juga. Nah itu semua kami dekati untuk sosialisasi hal tersebut," pungkas Justisiari. (rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed