Kamis, 15 Nov 2018 10:47 WIB

Kredit Percepat Pertumbuhan Wirausaha Pakai Kendaraan

Rizki Pratama - detikOto
ilustrasi diler motor. Foto: Aris Ginanjar ilustrasi diler motor. Foto: Aris Ginanjar
Jakarta - Kendaraan bermotor saat ini tidak hanya hadir sebagai barang konsumtif. Bagi sejumlah orang yang jeli dalam berbisnis kendaraan bermotor bisa menjadi alat produktivitas yang bermanfaat untuk menunjang kegiatan wiraswasta.

Keterbatasan finansial untuk mendapatkan kendaraan yang dibutuhkan bukanlah alasan lagi. Saat ini ada banyak perusahaan pembiayaan yang menawarkan berbagai produk menarik yang menguntungkan dan memudahkan pembelian kendaraan.



"Kredit bagus untuk produktif. Kredit nggak selalu jelek karena itu memungkinkan kita berbisnis tanpa harus mengumpulkan duit dulu sampai seratus persen," ujar Chief of Financial Officer Adira Finance, I Dewa Made Susila.

Dewa menjelaskan melalui kredit pertumbuhan bisnis bisa dipercepat tanpa harus menunggu lama. "Misalnya mau bisnis rasio seratus punya duit 50, 50-nya pinjaman masih bisa. Jadi tujuan kredit itu mempercepat pertumbuhan bisnis."



Calon nasabah perlu mempertimbangkan rencana kredit lebih besar jika kendaraan yang akan dicicil tidak digunakan untuk hal yang produktif. "Nah kredit bermasalah kalau yang dibiayai itu konsumtif dan melebih daya bayar pendapatan. Karena pada akhirnya kredit harus dibayar balik, kalau pengeluaran jauh lebih tinggi dari pendapatan kan berbahaya," tambah Dewa.

Dalam melakukan kredit, pembayaran DP bukan menjadi satu-satunya yang diperhatikan. Kemampuan membayar justru menjadi hal yang menjadi pertimbangan serius agar mampu melunasi cicilian.

"Jadi ngasih kredit bukan hanya DP saja yang penting. Kemampuan membayar jauh lebih penting," pungkas Dewa. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com