Jumat, 26 Okt 2018 15:45 WIB

Patuhi Aturan Lalu Lintas, 4 Hari Lagi Operasi Zebra Digelar

Rizki Pratama - detikOto
Operasi Zebra. Foto: Cici Marlina Rahayu/detikcom Operasi Zebra. Foto: Cici Marlina Rahayu/detikcom
Jakarta - Demi meningkatkan ketertiban lalu lintas, polisi lalu lintas kembali mengadakan operasi zebra yang akan dilaksanakan mulai 30 Oktober hingga 12 November 2018. Operasi ini digelar untuk meningkatkan kepedulian pengendara terhadap keselamatan berkendara.

"Ops Zebra akan dilaksanakan tanggal 30 Oktober sampai dengan 12 November 2018," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto yang dihubungi detikOto, Jumat (26/10/2018).



Operasi Zebra sendiri sudah tertuang di UU Nomor 8 Tahun 1981, UU Nomor 2 Tahun 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia serta UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pada operasi ini semua jenis kendaraan pribadi atau komersial akan ditindak jika tidak memenuhi berbagai aturan lalu lintas yang berlaku di wilayah hukum Polda Metro Jaya. AKBP Budiyanto menegaskan operasi ini juga akan menindak pelanggar yang berpotensi menyebabkan fatalitas kecelakaan lalu lintas.



"Pelanggaran terberat adalah yang berisiko fatalitas laka lantas seperti melawan arus, tidak menggunakan seatbelt dan sebagainya," ungkap AKBP Budiyanto.

Tidak ada detail mengenai titik lokasi Ops Zebra yang akan diadakan Korps Lalu Lintas Polda Metro Jaya nanti. Hal ini dilakukan supaya pengendara lebih siap dan patuh terhadap aturan dan ketertiban lalu lintas meski tidak ada kegiatan razia sekalipun.




Tonton juga 'Iklan Satlantas Aceh Besar soal Operasi Zebra Ini Bikin Ngakak!':

[Gambas:Video 20detik]

(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com