Ganjil-Genap Diperluas, Dishub Sibuk Persiapkan Armada Angkutan Umum

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 10 Jul 2018 10:17 WIB
ganjil genap di Tomang. Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom
Jakarta - Menyambut Asian Games, Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk memperluas ganjil-genap di berbagai wilayah Jakarta. Menjawab hal tersebut, Dinas Perhubungan DKI Jakarta pun terus mempersiapkan angkutan agar masyarakat bisa beralih menggunakan angkutan umum.

"Kita tahap sosialisasi, kita sedang memetakan supaya kita itu lebih baik ke depannya, tidak hanya fokus pada ganjil-genapnya (mempersiapkan angkutan umum-Red)," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah, kepada detikOto.



Andri menjelaskan, pihaknya tidak hanya mempersiapkan kendaraan umum saat diperluasnya jalur ganjil genap.

"Kita juga sangat fokus pada jalan-jalan alternatif, sehingga baik yang terdampak di ruas kebijakan ganjil-genap atau di luar ruas itu. Sehingga bisa kita antisipasi, karena kita berusaha mendorong kendaraan massal," tambahnya.



Saat ini pemerintah DKI Jakarta memperluas jalur ganjil-genap menyambut Asian Games. Sistem ganjil-genap itu diberlakukan di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Ahmad Yani, Jalan DI Panjaitan, Jalan MT Haryono, Jalan Gatot Subroto, sebagian Jalan S Parman, Jalan HR Rasuna Said, Jalan RA Kartini, Jalan Metro Pondok Indah, dan Jalan Benyamin Sueb. (lth/rgr)