Senin, 11 Jun 2018 15:23 WIB

Cara Polantas Aceh Edukasi Sopir Bus, Agar Tak Ugal-ugalan di Jalanan

Agus Setyadi - detikOto
Cara Polantas Aceh Edukasi Sopir Bus, Agar Tak Ugal-ugalan di Jalanan Foto: Pool (Instagram) Cara Polantas Aceh Edukasi Sopir Bus, Agar Tak Ugal-ugalan di Jalanan Foto: Pool (Instagram)
Aceh - Arus mudik lebaran sedang berlangsung. Tak sedikit pemudik yang memilih pulang kampung dengan angkutan umum. Untuk mengedukasi para sopir bus mudik agar tidak ugal-ugalan, polisi di Aceh membuat video kocak.



Video berdurasi satu menit bikinan Satuan Lalu Lintas Polres Aceh Besar itu viral di media sosial. Dilihat detikcom pada Senin (11/6/2018), video yang diunggah di akun instagram Satlantas Aceh Besar itu sudah ditonton sebanyak 1.926 kali dan mendapat puluhan komentar. Video parodi Ramadan ini diunggah pada Minggu (10/6) malam kemarin.

Pada awal video, terlihat seorang pria menyerahkan sebuah kotak kepada wanita yang diperankan Kasat Lantas Polres Aceh Besar AKP Vifa Fibriana Sari. Ketika dibuka, seketika dia kaget dan menyebut, "Kosong". Adegan tersebut digambarkan seolah-olah mimpi seorang sopir bus.

Sang sopir kemudian terbangun. Pria yang mengenakan topi putih dan duduk dalam bus itu berpikir cara agar banyak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR).

"Biar banyak THR, kalau biasanya aku tarik 30 penumpang hari ini harus tiga kali lipat," membatin pria yang diperankan anggota Polantas Polres Aceh Besar itu.



Sopir tersebut kemudian membawa kencang busnya dan tidak memperhatikan keselamatan penumpang. Meski bus sudah penuh, tapi pak sopir tetap menaikkan penumpang lain. Alhasil, rem bus menjadi blong dan insiden kecelakaan tak terelakkan.

Usai bus menabrak rambu jalan, tiba-tiba muncul seorang polisi yang menyebut "astaghfirullah hal adzim". Pada adegan selanjutnya terlihat sejumlah polisi menyampaikan kata-kata petuah lewat lagu yang diparodikan. Liriknya yaitu:

Kamu kerja cari uang, kejar target di lintasan
Demi THR dan setoran, tak peduli para penumpang
Selap selip, serasa pembalap
Gak taunya kecelakaan, jadinya batal lebaran

"Ingat, setiap kecelakaan yang terjadi berawal dari pelanggaran," kata Kapolres Aceh Besar AKBP Heru Suprihasto diakhir video.

Kasat Lantas Polres Aceh Besar AKP Vifa, mengatakan, ide pembuatan video parodi ini berawal dari tingginya angka kecelakaan lalu lintas saat mudik. Salah satu penyebabnya yaitu kelalaian pengemudi.



"Di mana sering mengabaikan kapasitas penumpang dan suka ugal ugalan mengejr setoran. Dari kondisi tersebut kami mencoba mengedukasi pengemudi untuk lebih menjaga penumpang dari kejar setoran," kata Vifa kepada detikcom.

"Selain itu ajakan kepada penumpang untuk memilih angkutan yang tidak berdesakan, selain tidak nyaman juga rawan kecelakaan," jelasnya.

Proses pembuatan video ini tergolong singkat. Satu hari proses pengambilan gambar, dan satu hari proses editing. "Jadi totalnya butuh waktu dua hari," ungkap Vifa.

[Gambas:Instagram]

(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed