Senin, 21 Mei 2018 20:07 WIB

Ban Cadangan Mobil Lebih Kecil, Perhatikan ini Sebelum Dipakai

Ruly Kurniawan - detikOto
ban cadangan Foto: detikOto ban cadangan Foto: detikOto
Jakarta - Tidak semua pabrikan melengkapi mobil produksinya dengan ban cadangan yang sesuai. Soalnya, mobil sekarang banyak yang tidak mempunyai bagasi cukup untuk menampung ban cadangan yang berukuran sama dengan yang digunakan. Akibatnya, ban yang disediakan di bagasi atau kolong ukurannya lebih kecil.



Nah kalau Otolovers mendapati keadaan seperti ini, jangan panik dan khawatir. Karena ban cadangan yang berukuran lebih kecil dibanding ban yang sudah terpasang merupakan hal umum. Hanya saja ada beberapa hal yang patut di perhatikan bila memutuskan untuk memakai ban ke-5 tersebut.

Diberitakan Doityourself, paling tidak ada tiga hal yang harus Otolovers ketahui ketika memutuskan untuk menggunakan ban cadangan yang berukuran relatif lebih kecil. Pertama, jagalah kecepatan maksimum karena beban yang diberikan oleh ban tersebut tidak sama dengan ke-3 ban lainnya. Maka disarankan kecepatan maksimum mobil ketika menggunakan ban cadangan hanya sekitar 80 km/jam saja.



Disarankan pula mobil hanya boleh digunakan pada jalanan perkotaan saja ketika ban cadangan di aktifkan. Selain itu, patut diketahui juga bahwa dengan menggunakan ban yang lebih kecil itu bisa menonaktifkan beberapa fitur keamanan di mobil seperti ABS dan traction control. Jadi harus lebih berhati-hati saat melakukan manuver secara mendadak dan tidak terduga serta berhenti mendadak.



Terakhir, tekanan angin pada ban cadangan itu harus tepat yakni 60 Psi. Jadi, selalu bawa alat pompa agar tekanan anginnya selalu tepat, jangan bannya saja. Perlu diingat pula bahwa apapun jenisnya usia ban adalah enam tahun. Maka, ban cadangan juga harus diganti jika sudah memasuki batas usia tersebut. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed