Kamis, 15 Mar 2018 11:18 WIB

Pembuatan SIM A Taksi Online Rp 100 Ribu Ada Lagi Pekan Depan

Dina Rayanti - detikOto
Pengemudi taksi online saat membuat SIM A umum beberapa waktu lalu. Foto: Ari Saputra Pengemudi taksi online saat membuat SIM A umum beberapa waktu lalu. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kementerian Perhubungan rencananya bakalan menggelar lagi pembuatan SIM A umum bersubsidi untuk pengemudi taksi online. Ini memang bukan pertama kalinya. Karena sebelumnya telah dilakukan di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Tangerang, hingga Yogyakarta.

Kabarnya pembuatan SIM kolektif untuk sopir taksi itu akan diadakan lagi Sabtu mendatang.



"Iya mau ada lagi, tadinya mau Sabtu ini (17/3/2018) tapi karena tanggal merah jadi dari kepolisiannya nggak bisa. Jadi kayaknya minggu depan, nanti kita infokan lagi," jelas Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi saat dihubungi detikOto, Kamis (15/3/2018).

Sebagai informasi, pembuatan SIM A umum untuk para sopir taksi ini diberikan subsidi oleh pemerintah. Jika biasanya membuat SIM A dikenakan biaya Rp 170 ribu namun dengan adanya subsidi maka para sopir ini hanya dikenakan Rp 100 ribu saja.



Hal tersebut dilakukan dalam upaya mendorong kredibilitas dan kemampuan para pengemudi driver online agar mampu berkendara dengan aman dan nyaman.

"Harapannya driver taksi ini legal memiliki license yang memang bagian dari keharusan safety," jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com