Jumat, 09 Mar 2018 10:35 WIB

Malu Dong, Kambing Aja Pakai Helm

Rangga Rahadiansyah, Rangga Rahadiansyah - detikOto
Malu Dong, Kambing Aja Pakai Helm Foto: Pool (Instagram) Malu Dong, Kambing Aja Pakai Helm Foto: Pool (Instagram)
Jakarta - Helm menjadi perlengkapan wajib untuk naik sepeda motor. Pihak kepolisian beberapa kali mencoba untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya helm.

Salah satu sosialisasi dilakukan oleh Lantas Polres Tuban. Melalui akun instagramnya, Polres Tuban menayangkan video parodi tentang penggunaan helm.

Dalam video itu, seorang pria yang menggunakan motor kecil ini tampak tidak mengenakan helm. Polisi pun mencoba menegurnya.

Akhirnya pemotor itu berhasil diberhentikan polisi. Pemotor itu diberikan arahan oleh polisi untuk mengenakan helm saat berkendara sepeda motor.

Tak lama, ada pemotor lainnya yang membawa kambing. Kambing yang dibawa pemotor tersebut tampak menggunakan helm.

"Kambing aja pakai helm," kata petugas polisi itu.

Nah Otolovers, helm bukan cuma alat untuk menghindari tilang polisi. Helm wajib digunakan untuk keselamatan berkendara. Perangkat helm sangat penting untuk melindungi kepala dari benturan ketika terjadi kecelakaan.

Undang-Undang No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mengatur soal kewajiban pemotor menggunakan helm. Bagi pengemudi sepeda motor yang tidak mengenakan helm SNI, terancam pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Kalau membiarkan penumpang sepeda motor tidak mengenakan helm juga ada sanksinya. Pemotor yang membiarkan penumpang tidak mengenakan helm, maka pengemudi sepeda motor itu akan ditilang dengan sanksi pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

[Gambas:Instagram]

(/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed