Kamis, 22 Feb 2018 18:53 WIB

Aspal Plastik yang Dicoba di Tol Tangerang-Merak Belum Maksimal

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Aspal Plastik yang Dicoba di Tol Tangerang-Merak Belum Maksimal Foto: dok. detikcom Aspal Plastik yang Dicoba di Tol Tangerang-Merak Belum Maksimal Foto: dok. detikcom
Jakarta - Tol Tangerang-Merak beberapa waktu lalu menguji coba penggunaan aspal yang dicampur dengan limbah plastik. Tapi, uji coba itu disebut belum terlalu maksimal.

Sunarto Sastrowiyoto, Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti, mengatakan penggunaan limbah plastik untuk campuran aspal itu memang baik untuk masalah lingkungan. Campuran plastik yang digunakan untuk aspal itu adalah limbah plastik kresek yang tidak bisa didaur ulang.

"Hasil percobaan kemarin memang ada beberapa kekurangan. Mungkin kurang larut betul, atau ada hal lain. Jadi memang perlu ditindaklanjuti untuk mendapatkan campuran yang lebih baik," sebut Sunarto di acara Meet and Greet Journalist Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak di Kantor Pusat Astra International di Sunter, Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Saat pengembangan aspal campur plastik itu disyaratkan menggunakan limbah plastik yang tidak punya nilai jual lagi, kata Sunarto. Kesulitannya, kata Sunarto, pada saat mencampur plastik itu dengan aspal.

"Mungkin diharapkan plastiknya itu larut, membungkus batu-batunya. Tapi ternyata ada sebagian yang nggak sempurna. Jadi mungkin harus ada penelitian lagi. Terus terang di tempat kita yang dicoba kurang maksimal. Cuma campurannya nggak terlalu mulus," kata dia. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed