Sabtu, 17 Feb 2018 12:42 WIB

Kenapa Tidak Semua Bus TransJakarta Pakai Bahan Aluminium?

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Melihat Proses Perakitan Bus TransJakarta di Kudus. Foto: Khairul Imam Ghozali Melihat Proses Perakitan Bus TransJakarta di Kudus. Foto: Khairul Imam Ghozali
Ungaran - TransJakarta punya 300 armada baru bus low entry. Namun dari jumlah tersebut, hanya 101 unit yang menggunakan bahan aluminium yang diklaim lebih ringan sehingga akan irit bahan bakar, menjaga umur ban, dan lebih banyak kapasitas penumpang.

Dijelaskan Direktur Teknikal TransJakarta, Wijinarko, alasan tidak semua unit bus low entry dibuat dengan bahan aluminium karena ini merupakan terobosan yang baru ditemukan. Sehingga TransJakarta tidak mau mengaplikasikannya pada semua unit armada bus low entry-nya tersebut.



"Jadi ini (bahan aluminium) teknologi yang baru kami ketahui, dan baru, walaupun di luar sudah banyak yang pakai," ujarnya kepada wartawan, di Ungaran, Jawa Tengah.

Meski demikian, karena di luar Indonesia bus dengan bodi dari bahan aluminium sudah banyak diterapkan, kata Wijinarko, pihaknya cukup yakin dengan terobosan baru tersebut.



"Cuma kita confident. Sehingga coba aja untuk jadi lebih baik. Kita lihat seberapa irit, ujung-ujungnya kan pas operasi dapat kelihatan (efek) pemakaian aluminium," katanya.

Jika terbukti semua manfaatnya, lanjut Wijinarko mengatakan, TransJakarta akan terus mencoba memakai aluminium sebagai bahan bodi unit bus mereka.

"Kita lagi coba yang ini dulu. Kalau benefit signifikan mungkin akan propose," lanjutnya. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed