Senin, 15 Jan 2018 18:49 WIB

Mengenal Lebih Dekat Patwal dan Tugasnya Selain Mengawal

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Mengenal Lebih Dekat Patwal dan Tugasnya Selain Mengawal Foto: Rachman Haryanto Mengenal Lebih Dekat Patwal dan Tugasnya Selain Mengawal Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Patroli dan Pengawalan atau Patwal, merupakan bagian dari anggota Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) yang biasa mengawal perjalanan orang-orang penting.

Dalam Patwal sendiri ada yang dinamakan unit pengawal khusus (walsus) yang ditugaskan khusus mengawal pejabat-pejabat penting negara.

"Saya kalau dikesatuan Polda Metro masuknya di Patwal, nah Patwal itu punya unit tersendiri, untuk pengawal khusus, istilahnya untuk pejabat-pejabat negara, yang disebut unit Walsus," ujar Anggota Banit (Bintara unit) Patwal Polda Metro Jaya, Bripka Nanang, kepada detikOto, di Jakarta.

Pengawalan yang dilakukan oleh seorang Patwal mencakup banyak orang penting negara, termasuk tamu negara sampai Presiden. "Jadi posisi pengawalan itu sesuai kebutuhan. Pengawalan itu kaya ada pengawalan tamu negara, mencakup delegasi, terus pimpinan negara, Menteri, pejabat, sampai ke Presiden," kata Nanang.

Namun ternyata tugas dari seorang walsus ataupun patwal sendiri bukan hanya mengawal. Sebab, karena walsus dan patwal merupakan bagian dari kesatuan Ditlantas, maka tugas yang berhubungan dengan lalu lintas pun menjadi pekerjaan mereka.

"Kegiatanya patroli, pengawalan, pengamanan tetap juga yah, dan pengaturan juga, Turjawali lah. Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli," tutur Nanang.

"Di mana kita juga kita kegiatannya sehari-hari tetap pengawalan juga, selain itu pengaturan juga, dan penindakan juga. seperti penindakannya itu mencakup penindakan pelanggaran lalu lintas," tambahnya.

Penindakan yang dimaksud kata Nanang, bukan penindakan saat Patwal melakukan pengawalan, namun penindakan bagi pelanggar lalu lintas di luar tugasnya mengawal.

"Nindaknya pas lagi patroli, di luar lagi ngawal, karena kan kita termasuk di bawah kesatuan Ditlantas," tutupnya.

Sisi Lain PatwalSisi Lain Patwal Foto: Andhika Akbarayansyah
(khi/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed