Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 26 Juli 2017, 17:30 WIB

Bisa Masuk Tol, Berapa Kecepatan Bajaj Qute Pengganti Bemo?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Bisa Masuk Tol, Berapa Kecepatan Bajaj Qute Pengganti Bemo? Ini Bajaj Qute, Pengganti Bemo yang Mulai Narik Penumpang (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Bajaj Qute kini menjadi kendaraan pengganti bemo di Jakarta. Karena memiliki empat buah roda, Bajaj Qute diperbolehkan masuk jalan tol.

Namun yang jadi pertanyaan, apakah bisa Bajaj Qute mengimbangi batas kecepatan di jalan tol? Sebab, Peraturan Pemerintah No. 79 Tahun 2013 Tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sudah mengatur batas kecepatan terendah di jalan tol.

Untuk jalan tol kecepatan paling rendah adalah 60 kilometer per jam dalam kondisi arus bebas. Mampukah Bajaj Qute yang hanya punya mesin 216,6 cc mengimbangi batas kecepatan itu?

Untuk diketahui, Bajaj Qute seperti dikutip detikOto dari laman resminya punya mesin 216,6 cc satu silinder. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 13,2 PS.

Kecepatan tertingginya--menurut data spesifikasi di laman resmi Bajaj Auto--bisa mencapai 70 km/jam. Bajaj Qute bisa saja diajak berlari di jalan tol yang punya batas kecepatan terendah 60 km/jam.

Mesin 216,6 cc satu silinder pada Bajaj Qute ini dikawinkan dengan transmisi tipe sequential seperti sepeda motor. Transmisinya memiliki 5 gigi maju dan 1 gigi mundur.

Bajaj Qute memang seperti sebuah mobil pada umumnya. Kendaraan ini mampu menampung satu sopir dan tiga penumpang.

Ada beberapa tempat penyimpanan barang pada kendaraan ini yaitu di depan, tengah dan belakang. Storage di depan memiliki kapasitas 60 liter, di tengah 95 liter dan belakang 44 liter.

Untuk dimensi, Bajaj Qute memiliki panjang 2.752 mm, lebar 1.312 mm dan tinggi 1.652 mm dengan wheelbase 1.925 mm. Radius putarnya 3,5 meter.

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi tipe sequential seperti sepeda motor. Transmisi itu memiliki 5 percepatan (maju) dan 1 percepatan mundur. (rgr/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed