Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 17 Mei 2017, 14:40 WIB

Adu Irit Truk ala Volvo

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Adu Irit Truk ala Volvo Foto: Khairul Imam Ghozali
Tangerang Selatan - Volvo Trucks Indonesia (VTI) kembali menggelar ajang 'Fuelwatch 2017 Indonesia', sebuah program kompetisi adu irit pengemudi truk.

"Kompetisi ini untuk para pengendara truk terbaik di Indonesia, yang ikut serta juga beragam, dari Sumatera, Surabaya, Pekanbaru, Balikpapan, dan wilayah lainnya," ujar Head of Marketing VTI, Bagus Pranoto, kepada wartawan, di BSD, Tangerang Selatan, Rabu (17/5/2017).

Kompetisi tersebut merupakan wujud dari upaya VTI, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengemudi Volvo Trucks di Indonesia yang berkaitan erat dengan efisiensi bahan bakar dan keselamatan.

"Meski Volvo merupakan brand premium, dengan produk yang berkualitas, bukan berarti kami mengabaikan masalah efisiensi bahan bakar, untuk itu kami adakan acara ini," tutur Marketing Director VTI, Jurn Terpstra.

Setelah melakukan proses seleksi pada para peserta sejak Februari 2017, Volvo Trucks Indonesia akan menggelar tahap final nasional yang akan diikuti 5 pengemudi kategori off-road dan 5 pengemudi kategori on-road.

Untuk pemenang pertama dari tiap kategori, diberi kesempatan untuk langsung mengikuti World Final Fuelwatch 2017 yang akan berlangsung di Gothenburg, Swedia pada September 2017 mendatang.

Volvo Indonesia sendiri sudah sekitar tujuh tahun, mengadakan kompetisi pengemudi truk untuk adu irit bahan bakar ini. "Kita sudah ikut dari 2010 atau 2011-an," kata Bagus.

Kini, dua orang telah ditetapkan menjadi pemenangnya. Angel Karapang dari PT Artha Mineral Resources dan Moh Faktur Rohman dari PT. Calvary Abadi terpilih menjadi pemenang utama.

"Setiap tahunnya, penyelenggaraan Volvo Trucks Fuelwatch merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh para pengemudi (truk) di seluruh dunia," ujar Jurn Terpstra.

Kedua pemenang tersebut nantinya akan mewakili Indonesia di Swedia dalam ajang pertandingan final Asia Pacific September mendatang.

"Tahun ini, kami mempersiapkan para pengemudi dengan keterampilan dan training yang lebih intensif lagi untuk mengatasi tantangan pertandingan di ajang Asia Pacific, September mendatang", tutur Jurn.

Juara utama di kategori on-road dengan trek berukuran 8,25 km, Faktur dapat menghemat bahan bakar 1,4 % dibandingkan dengan pesaingnya. Sedangkan Angel, pemenang utama dikategori off-road dengan pengiritan bahan bakar hingga 23 persen, dibanding pesaingnya.

Kejuaraan adu irit bahan bakar ini diawali dengan serangkaian kompetisi nasional menarik di seluruh wilayah Indonesia, berlangsung sejak Februari 2017. (khi/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed