Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 17 Januari 2017, 11:51 WIB

#nodrivingunder17

2 Siswa Ini Rajin Ingatkan Temannya Tidak Nyetir Sebelum Ada SIM

Syahdan Alamsyah - detikOto
2 Siswa Ini Rajin Ingatkan Temannya Tidak Nyetir Sebelum Ada SIM Foto: Syahdan Alamsyah
Jakarta - Dua orang pelajar di SMA Negeri 1 Cianjur, Jawa Barat ini patut menjadi contoh bagi pelajar yang lain. Mereka paling rajin mengingatkan sesama pelajar untuk tidak mengendarai kendaraan sebelum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kedua siswa yang rutin menegakan aturan tersebut adalah Bahruddin Jusuf Wirahma dan Dewi Rani Pelitawati keduanya siswa kelas 2 dan 3.

Atas sikapnya itu, kedua pelajar mendapat penghargaan dari Kapolres Cianjur AKBP Arif Budiman. Pemberian penghargaan dilakukan dalam rangkaian kegiatan 'Police Goes To School' Satuan Lalu Lintas Polres Cianjur, sekira pukul 09.00 WIB, Senin (16/1/2017).

Kepala Sekolah SMAN 1 Cianjur Jarwoto menyebut sekolahnya memang melarang siswa yang belum memiliki SIM untuk membawa kendaraan ke sekolah.

"Aturan itu memang sudah berjalan cukup lama, dan kedua siswa tadi bertugas untuk memeriksa kelengkapan berkendara rekan-rekannya, mulai dari SIM, Helm hingga perlengkapan lainnya. Ini sudah aturan sekolah, dan seluruh pelajar wajib mentaatinya," kata Jarwoto kepada detikcom.

Police Goes to School di SMA 1 CianjurPolice Goes to School di SMA 1 Cianjur Foto: Syahdan Alamsyah


Menurut Jarwoto, sebelum aturan #NoDrivingUnder17 diberlakukan pihak sekolah banyak siswanya yang mengalami kecelakaan lalu lintas. Namun setelah ada aturan itu jumlah kecelakaan yang dialami siswanya perlahan berkurang hingga tidak ada sama sekali.

"SIM itu diberikan kepada siswa yang sudah berusia 18 tahun, dalam artian mantap secara psikologi dan siap mengendarai kendaraan bermotor. Ada sanksi akan diberikan kepada siswa yang mengendarai kendaraan tanpa kelengkapan, salah satunya kita panggil orang tuanya dan mengingatkan agar putra atau putrinya jangan dibiarkan membawa kendaraan ke sekolah. Lebih baik diantar jemput oleh keluarga," lanjutnya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +