Rabu, 07 Okt 2015 09:13 WIB

Mesin Bersejarah Bosch Dipamerkan di Jakarta

Niken Purnamasari - detikOto
Foto: Niken-detikOto Foto: Niken-detikOto
Jakarta -

Mesin otomotif pertama buatan Robert Bosch dipamerkan dalam Pameran Sains dan Teknologi di Museum Nasional, Jakarta. Mesin yang dinamakan high-voltage magneto ignition tersebut didatangkan langsung dari museum di Jerman.

Magneto ignition merupakan kontribusi Robert Bosch bagi perkembangan industri otomotif dunia. Perangkat mesin tersebut memegang peranan penting bagi kelanjutan inovasi dan teknologi mesin otomotif. Perangkat Magneto Ignition sendiri dikembangkan oleh Robert Bosch pada 1887.

Sepuluh tahun kemudian, perangkat mesin tersebut digunakan pada mesin kendaraan. Uji coba dilakukan pada kendaraan milik anggota supervisor Daimler, Frederick Simms. Frederik mengatakan kepada Bosch untuk menguji perangkat tersebut pada mobil De Dion-Bouton miliknya.

Ternyata perangkat mesin tersebut tidak cocok digunakan pada De Dion-Bouton yang memiliki mesin dengan putaran 1.800 rpm. Sedangkan Magneto Ignition sendiri hanya mampu menghasilkan 200 percikan (sparks) per menit.

Lalu sejumlah perbaikan dilakukan pada magneto ignition tersebut dengan menambahkan high voltage untuk menyeimbangi kecepatan mesin mobil.

Bagaimana perkembangan perangkat mesin tersebut di masa kini?

Perangkat mesin magneto ignition yang diciptakan oleh Bosch terus berkembang mengikuti kebutuhan zaman. Pada saat ini perkembangan dari mesin tersebut dinamakan Motronic yang terintegrasi dengan mesin untuk bahan bakar.

(rgr/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com