Kamis, 09 Jul 2015 13:29 WIB

#nodrivingunder17

Trik Agar Anak Tidak Merengek Dibelikan Motor Atau Mobil

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Jakarta -

Kalau anak sudah ada keinginan, kita sebagai orangtua biasanya suka enggak tahan kalau anak-anak sudah merengek. Jadinya apa pun keinginan anak-anak selalu dikabulkan. Tetapi kalau soal memberikan motor atau mobil, tunggu dulu ya!

Salah seorang pembaca detikcom, Gazali Arif Gunawan memberikan beberapa trik agar anak tidak merengek menggunakan kendaraan sendiri.

Gazali mengaku sudah mengamati gejala anak-anak mengendarai kendaraan sejak 2000. “Dan terus terang saya juga khawatir hal ini menimpa anak saya dan kerabat lainnya. Alhamdulillah saat ini anak laki saya yang paling besar (15 tahun) tidak mengendarai kendaraan baik di sekitar rumah ataupun untuk kesekolah, padahal anak tetangga kami yang sebaya hampir semuanya menggunakan kendaraan (motor),” ujarnya.

Menurutnya memang agar anak tidak mengendarai kendaraan kembali ke sikap orangtua masing-masing. Apakah mengakomodir atau tidak, juga mengkondisikan situasi di rumah. Tetapi setidaknya ada yang dilakukan Gazali sehingga anaknya tidak menggunakan kendaraan terutama motor.

1. Tidak menyediakan motor di rumah

“Sejak anak kelas 1 smp kami sudah tidak memiliki motor dengan tujuan agar anak tidak mencoba-coba naik motor (trust me….it works),” ujarnya

2. Antar jemput anak ke sekolah

“Kami meluangkan waktu untuk mengantar dan menjemput anak ke sekolah, paling tidak menggunakan jasa antar jemput sekolah,”.

3. Sediakan sepeda

“Kadang salah satu alasan orang punya kendaraan (motor utamanya) adalah agar jarak dekat ada kendaraan terutama bila mau ke warung, kami menyediakan sepeda untuk mengatasi masalah itu”

4. Hobi positif

“Menyalurkan anak kami ke hobi komputernya, sehingga dia tidak berpikir dengan kendaraan,” tutupnya.

Nah Otolovers silakan coba saran Gazali ini.

Kami membuka kesempatan bagi Otolovers yang ingin bertukar pikiran mencari solusi mengenai isu ini atau memiliki pengalaman dengan anak-anak yang mengendarai kendaraan. Atau apakah Anda termasuk orangtua yang melarang anak kesayangan menggunakan kendaraan, silakan berbagi pikiran. Kirim pendapat Anda ke redaksi@detikoto.com dengan subyek #nodrivingunder17.

Anda juga bisa meramaikan media sosial di Facebook, Twitter atau akun sosial media lainnya dengan hashtag yang sama, #nodrivingunder17. Salam safety driving!

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com