Yamaha Luncurkan Jupiter Z Baru Dengan Lampu Otomatis Nyala

- detikOto
Rabu, 09 Feb 2011 14:36 WIB
Jakarta - Memasuki Februari 2011, determinasi PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) ke pasar otomotif roda dua tanah air semakin menggila. Sebagai bukti nyata, setelah memperkenalkan Lexam beberapa waktu lalu kini YMKI menyegarkan tampilan salah satu bebek yakni Yamaha Jupiter Z.

Pabrikan berlambang garpu tala itu merubah tampilan baju Yamaha Jupiter Z dengan warna yang lebih cerah dan atraktif yang diklaim Yamaha sebagai tunggangan yang cocok untuk anak mudah berjiwa sporty.

"Iya kita baru merubah striping. Ini bisa dikategorikan facelift," kata GM Promosi PT YMKI, Paulus Firmanto ketika dihubungi detikOto, Rabu (9/2/2011).

Totalnya ada 7 warna baru yang disuguhkan oleh Yamaha. Untuk tipe Casting Wheel (CW) ada warna hijau, gold, biru, merah dan hitam. Dan untuk versi spoke wheel (jari-jari) hanya ada warna hitam dan biru saja. "Ada tujuh warna," ucap Paulus.

Tidak sampai disitu, Yamaha pun mulai mengikuti jejak Suzuki yang mengaplikasi fitur bernama Automatic Headlight On (AHO). Namun di Yamaha menurut Paulus istilah itu akan berganti menjadi Switch on, Light on atau disingkat Solo.

Ini adalah buah dari UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dengan fitur ini, lampu utama motor akan otomatis langsung menyala ketika mesin motor dihidupkan.

Sementara untuk mesinnya, Yamaha tetap mempercayakan mesin 4 Langkah, 2 Valve SOHC, berpendingin udara yang sudah digendong Jupiter Z. Mesin ini memiliki diameter langkah 50,0 x 57,9 mm dan volume silinder 113 cc.

Dengan perbandingan kompresi 9,3 : 1, Yamaha Jupiter Z ini pun mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 6,6 kW di putaran 7.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 9,0 Nm di 4.000 rpm.

Lalu bagaimana dengan harga? Asyiknya, Yamaha Jupiter Z dengan fitur Switch on, Light on alias Solo ini ternyata tidak akan mengalami kenaikan harga alias sama dengan tahun 2010. Harga Yamaha Jupiter Z meski dengan fitur Solo tetap berada di angka 14,6 jutaan. (syu/ddn)